press enter to search

Sabtu, 15/05/2021 07:06 WIB

Tips Membuat Tampilan Daun Aglonema Jadi Mengilap dan Segar

Dahlia | Sabtu, 10/04/2021 14:34 WIB
Tips Membuat Tampilan Daun Aglonema Jadi Mengilap dan Segar

JAKARTA (aksi.id) - Tanaman hias aglonema atau yang dijuluki sri rezeki, merupakan satu dari sekian banyak tanaman hias yang tampilannya begitu cantik dengan jenis dan corak yang beragam.

Apabila kamu adalah seseorang yang mengoleksi dan merawat aglonema, maka penting bagimu untuk membuat daunnya tampak mengilap dan segar.

Sebab, tampilan daun aglonema yang tampak mengilap dan segar dapat membuatnya semakin menarik dan begitu memesona.

Jika kamu tak tahu bagaimana cara membuat daun aglonema menjadi mengilap dan segar, maka pada artikel kali ini kita akan membahasnya, agar aglonema milikmu semakin indah dilihat.

Dilihat dari kanal Youtube Hobi Bunga, Sabtu (10/4/2021), setidaknya ada tiga langkah untuk membuat daun aglonema tampak mengilap dan segar, berikut di antaranya.

1. Semprotkan dengan larutan vitamin B1

Campurkan 1 liter air dengan setengah tutup botol vitamin B1 ke dalam botol semprotan, lalu larutkan atau aduk sampai merata.

Setelah selesai, kamu bisa semprotkan larutan vitamin B1 secara merata ke daun aglonema milikmu, terutama di bagian belakang daunnya karena stomata itu ada di bagian belakang daunnya.

Selesai kamu menyemprotkan daun aglonema milikmu dengan larutan vitamin B1, kamu bisa diamkan selama 15-20 menit.

2. Lakukan penjemuran

Setelah melakukan penyemprotan larutan B1, langkah kedua yang perlu kamu lakukan adalah penjemuran aglonema milikmu.

Penjemuran ini sebaiknya dilakukan di bawah pukul 08.00 pagi. Jangan lakukan penjemuran di atas pukul 08.00 pagi, karena matahari sudah cukup panas.

Lakukan penjemuran aglonema sebentar saja, yakni rentan waktu 2 sampai 3 menit saja, jangan terlalu lama karena aglonema nanti bisa gosong.

Manfaat penjemuran ini adalah membuat aglonema semakin cerah warnanya dan semakin kinclong.

Kemudian tangkai dan batang aglonema juga akan semakin kokoh dan kuat. Jadi, apabila aglonema milikmu tampak lemas tangkainya atau batangnya, maka ketika dijemur itu itu akan membuat dia semakin kokoh.

Penjemuran aglonema di lagi hari juga akan membantu penyerapan nutrisi semakin maksimal.

Setelah dijemur kamu kembalikan lagi tanaman aglonema milikmu ke tempat semula, letakkan di tempat yang teduh.

3. Lap dengan tisu kering

Langkah ketiga yang perlu kamu siapkan adalah tisu kering biasa, jangan gunakan tisu yang mengandung alkohol.

Yang harus kamu lakukan adalah menggunakan tisu kering untuk membersihkan daun aglonema. Tahan bagian belakang daun, baru kamu lap sampai bersih dan kering.

Selain mencerahkan dan mengilapkan daun, mengelap daun aglonema dengan tisu kering juga membersihkan debu-debu yang menutupi stomata pada daun.

Ketika kamu menyemprotkan vitamin B1 atau menggunakan fungisida, itu terkadang debu-debu nya menempel lalu menutupi mata daun atau stomata daun, sehingga perlu kamu bersihkan.

Lap daun aglonema dengan pelan-pelan saja. Untuk daun aglonema yang masih muda, yang masih kuncup atau yang baru keluar jangan kamu lap dengan tisu kering, karena mereka masih sangat rentan dan bisa menyebabkan kerusakan saat dilap.

(lia/sumber:kompas.com)