press enter to search

Selasa, 22/06/2021 17:53 WIB

Gejala Covid-19 India, Mutasi Ganda Corona B.1.617

Dahlia | Sabtu, 08/05/2021 04:53 WIB
Gejala Covid-19 India, Mutasi Ganda Corona B.1.617

Jakarta (aksi.id) -  Kementerian Kesehatan memastikan covid India atau mutasi ganda corona B.1.617 sudah masuk ke Indonesia. Kini pasiennya tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Hermina Tangerang Selatan, Banten.

Mutasi ganda corona B.1.617 disebut lebih menular dari varian sebelumnya dan dikhawatirkan dapat menurunkan akurasi tes pemeriksaan Covid-19 menggunakan Polymerase Chain Reaction(PCR) alias tes swab.

Selain itu, mutasi virus Corona juga dapat menurunkan efektifitas vaksin Covid-19 yang ada dalam membendung penyebaran. Kondisi ini dikhawatirkan dapat berpotensi buruk terhadap pengendalian covid-19 di berbagai negara. Seperti meningkatnya laju penularan covid-19 dan memperburuk keadaan pasien Covid-19.

Melansir laman Zee News, Sabtu, (8/5/2021) orang yang terinfeksi memiliki beberapa gejala, mulai dari sakit tenggorokan hingga merasa mual dan muntah. Berikut gejala-gejala orang terinfeksi mutasi ganda corona B.1.167:

1. Sakit Tenggorokan
Salah satu ciri sakit tenggorokan adalah gatal atau bengkak. Gejala tersebut juga umum terjadi pada Covid-19 dan ditemukan di global pada 52% kasus.

2. Kelelahan
Orang yang akhirnya positif Covid-19 sebelumnya mengalami tanda kelelahan dan lemah.

3. Nyeri di Bagian Tubuh
Menurut para dokter, banyak orang positif Covid-19 merasakan nyeri di tubuh, sendi dan otot. Dikabarkan ini karena virus corona menyerang serat otot dan lapisan jaringan penting pada tubuh manusia.

4. Demam dan Menggigil
Selain itu orang yang terinfeksi mengalami demam dan menggigil. Tanda lainnya adalah kedinginana dan pilek tidak biasa.

5. Mual dan Muntah
Pasien dengan infeksi Covid-19 juga mengalami gejala mual dan muntah.

6. Pusing
Terdapat banyak laporan mengalami gejala neurologis yakni pusing, malaise dan mual.

7. Tidak ada air liur
Disebutkan jika tubuh manusia gagal air liur yang bisa melindungi mulut dari bakteri jahat, kata para ahli. Dengan gejala ini, ada kemungkinan orang yang mengalami kesulitan mengunyah serta berbicara.

8. Gejala Lainnya
Selain gejala tadi, ternyata masih ada orang yang terinfeksi mengalami gejala kurang umum. Professor Tim Spector dari fakultas epidemiologi gentik di King`s College London Inggris, dalam akun Twitternya menuliskan gejala ini dialami oleh satu dari lima orang terkena Covid-19.

Gejala tersebut salah satunya adalah adanya ruam di kulit. Dia mengingatkan bila terkena gejala aneh atau hanya pusing dan kelelahan sebaiknya untuk tetap di rumah.

(lia/sumber:cnbcindonesia.com)

Keyword Mutasi Covid-19