press enter to search

Selasa, 22/06/2021 16:56 WIB

Kasatpol PP DKI: Trotoar Harus Bebas dari Pedagang

Dahlia | Minggu, 09/05/2021 13:29 WIB
Kasatpol PP DKI: Trotoar Harus Bebas dari Pedagang

Jakarta (aksi.id) - Minggu terakhir menjelang lebaran, biasanya pasar Tanah Abang banyak dikunjungi pembeli. Oleh karena itu saya minta semua petugas supaya memastikan tidak terjadi kerumunan di semua tempat kawasan Tanah Abang. Hal tersebut dikatakan Ka.Satpol PP DKI Jakarta, Arifin saat memimpin apel pengamanan kawasan Pasar Tanah Abang, Minggu ( 9/6/2021).

“ Jika terjadi kerumunan, anggota Satpol PP harus segera memberi himbaun dan langsung dibubarkan, hal ini guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, “ kata Arifin didampingi Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma.

Selain itu Satpol PP harus mencegah para pedagang yang membuka lapaknya diatas trotoar. Trotoar harus steril dari pedagang dan hanya digunakan bagi pejalan.

Keberadaan kalian bukan sebagai penonton, melihat atau membiarkan pedagang berjualan di trotoar, tetapi keberadaan anda untuk mengingatkan kepada pedagang agar tidak berjualan di trotoar atau pedestrian. ujarnya

“ Beri mereka himbauan, bapak – ibu mohon tidak menempatkan dagangannya diatas trotoar, trotoar diperuntukan bagi pejalan.kaki. Terutama trotoar di Jalan Jati Baru, ini harus steril dari pedagang, “ tandasnya.

Arifin menambahkan, pengamanan kawasan pasar Tanah Abang menerjunkan 300 personil terdiri dari anggota Satpol, Sudin Perhubungan, TNI, Polisi, PPSU serta instansi terkait.

Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan, dalam penanganan pasar selain dari lintas sektoral, kita juga melibatkan masyarakat seperti Forum Kewasdaan Dini Masyarakat ( FKDM ).

FKDM mempunyai tugas mendeteksi secara dini potensi-potensi yang dapat menimbulkan kebencanaan. Untuk itu kita libatkan mereka agar aktif ambil bagian menimal membantu mengingatkan kepada para pedagang atau pengunjung pasar Tanah Abang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“ Ini salah satu sinergi dan kolaborasi, kita libatkan FKDM dalam aktifitas penanganan atau pencegahan dan penegakan prokotol kesehatan Covid-19 di Pasar Tanah Abang, “ imbuhnya.

Saya berharap para pedagang dan pengunjung supaya tetap menerapkan protocol kesehatan. Pedagang supaya berjualan sesuai yang telah ditentukan jangan berdagang di trotoar kemudian bagi pengunjung lebih baik di rumah saja berkumpul sama keluarga,tambahnya. (lia)