press enter to search

Selasa, 22/06/2021 17:34 WIB

Megawati: Karena Covid, Beberapa Gelar Honoris Causa Menunggu

Redaksi | Jum'at, 11/06/2021 16:32 WIB
Profesor Dr (HC) Megawati Soernoputri.

JAKARTA (Aksi.id) - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengaku masih akan mendapat gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari sejumlah universitas di dalam dan luar negeri.

Megawati menyebut gelar doktor kehormatan dari sejumlah universitas itu belum diberikan kepada dirinya karena terhalang pandemi virus corona (Covid-19).

"Sebenarnya kalau karena Covid-19 ini masih ada beberapa lagi yang menunggu untuk memberikan gelar honoris causa kepada saya dari dalam dan luar negeri," kata Megawati usai menerima gelar profesor kehormatan dengan status Guru Besar Tidak Tetap oleh Universitas Pertahanan (Unhan), Jumat (11/6).

Ketua umum PDIP menyebut gelar Profesor Kehormatan dari Unhan merupakan gelar kehormatan yang kesembilan. Ia diketahui telah menerima delapan gelar doktor kehormatan dari sejumlah universitas sepanjang 2001-2018.

Ia lantas menceritakan kisah saat dirinya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Megawati mengaku mau menerima jabatan itu karena terkait dengan ideologi Pancasila.

"Saya terus berpikir, aduh tapi kok di situ ada ideologi pancasila ya? Jadi saya bilang, sana bilang sama presiden. Iya deh saya mau dilantik," ujarnya.

Mengutip buku Satyam Eva Jayate yang dibagikan PDIP pada 2019 lalu, Megawati pertama kali menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa dalam bidang hukum dari Waseda University Tokyo, Jepang pada 29 Agustus 2001.

Kemudian ia menerima gelar doktor honoris causa dalam bidang politik dari Moscow State Institute of International Relations, Rusia pada 22 April 2003.

Megawati juga pernah menerima doktor honoris causa dalam bidang politik dari Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan pada 19 Oktober 2015.

 

Gelar kehormatan lainnya yang diterima Megawati antara lain doktor honoris causa bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjadjaran, doktor honoris causa bidang ekonomi demokrasi dari Mokpo National University, Korea Selatan.

Kemudian doktor honoris causa dalam bidang politik pendidikan dari Universitas Negeri Padang, doktor honoris causa dalam bidang poltik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), serta doktor honoris causa dalam bidang diplomasi ekonomi dari Fujian Normal University di China. (ds/sumber CNNIndonesia.com)

Keyword Megawati Gelar