press enter to search

Minggu, 05/05/2024 09:41 WIB

Resmi, Finlandia dan Swedia Mendaftar Gabung NATO

Redaksi | Kamis, 19/05/2022 13:50 WIB
Resmi, Finlandia dan Swedia Mendaftar Gabung NATO Kantor Pusat NATO di Brussels.

JAKARTA (Aksi.id) - Finlandia dan Swedia secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan aliansi NATO pada Rabu (18/5/2022). Kedua negara itu kini memasuki proses aksesi yang diperkirakan hanya memakan waktu beberapa minggu saja.

Adapun keputusan itu didorong oleh serangan Rusia ke Ukraina. Ketegangan yang terjadi di Eropa Timur itu menimbulkan kekhawatiran bagi negara tersebut.

Melansir Reuters, Swedia dan Finlandia sama-sama netral selama Perang Dingin, dan keputusan mereka untuk bergabung dengan NATO adalah salah satu perubahan paling signifikan dalam arsitektur keamanan Eropa selama beberapa dekade.

Hal itu mencerminkan pergeseran besar dalam opini publik di kawasan Nordik sejak serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

"Ini adalah momen bersejarah yang harus kita manfaatkan," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg saat menerima aplikasi dari dua negara tersebut di markas NATO di Brussel.

"Saya menyambut hangat permintaan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO. Anda adalah mitra terdekat kami dan keanggotaan Anda di NATO akan meningkatkan keamanan bersama kami," kata Stoltenberg.

Menurutnya, aliansi tersebut menganggap bahwa aksesi Finlandia dan Swedia akan sangat memperkuat posisi NATO di Laut Baltik. Adapun, ratifikasi 30 parlemen sekutu bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Di sisi lain, Turki telah mengejutkan sekutunya dalam beberapa hari terakhir dengan mengatakan bahwa mereka memiliki keraguan tentang keanggotaan Finlandia dan Swedia. Namun, Stoltenberg mengatakan masalah itu bisa diselesaikan.

"Kami bertekad untuk menyelesaikan semua masalah dan mencapai kesimpulan cepat," kata Stoltenberg. (ds/sumber CNBCIndonesia.com)

Keyword Gabung NATO

Artikel Terkait :

-