press enter to search

Sabtu, 24/02/2024 13:34 WIB

Ilmuwan China Petakan Genom Kacang Polong Secara Akurat

Redaksi | Kamis, 06/10/2022 09:57 WIB
Ilmuwan China Petakan Genom Kacang Polong Secara Akurat Kacang Polong masih hijau.

BEIJING (Aksi.id) - Para ilmuwan China telah memetakan genom referensi dan pan-genom kacang polong secara akurat, memberikan referensi untuk evolusi dan budi dayanya, menurut Akademi Ilmu Pertanian China (Chinese Academy of Agricultural Sciences/CAAS).

Sebagai tanaman khas untuk penelitian genetik, kacang polong telah banyak dipelajari. Namun, genomnya besar dan rumit untuk disusun, yang artinya urutan genomnya belum pernah dipetakan dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Sebuah tim peneliti dari Institute of Crop Sciences di bawah CAAS mengurutkan ZW6, varietas kacang polong utama yang ditanam di China, dan menyediakan peta fisik berkualitas tinggi dan anotasi kacang polong yang ditingkatkan berdasarkan teknologi pengurutan canggih.

Studi ini menganalisis karakteristik evolusi dan struktur genetik populasi genom kacang polong, menyediakan sumber daya penting dan dukungan data untuk mengungkap asal dan domestikasi kacang polong, serta penelitian gen, inovasi plasma nutfah, dan peningkatan pembibitan.

 

Penelitian tersebut baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Nature Genetics.
(ds/sumber Xinhua/Antaranews.com)

Artikel Terkait :

-