press enter to search

Kamis, 23/05/2024 09:51 WIB

Ketua DPRD Sumsel Dukung Penuh Pembukaan Kembali Penerbangan Internasional di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Redaksi | Rabu, 14/12/2022 08:46 WIB
Ketua DPRD Sumsel Dukung Penuh Pembukaan Kembali Penerbangan Internasional di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II FGD di Bandr SMB II Palembang

PALEMBANG (Aksi.id) - Ketua DPRD Sumatera Selatan Anita Noeringhati mendukung penuh pembukaan kembali penerbangan internasional di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II kelolaan PT Angkasa Pura II.

Hal itu mengemuka dalam Focus Group Discussion (FGD) "Re-Opening Interational Entry Point and Route Development" di Bandara SMB II, Palembang, Selasa (13/12/2022).

Pembukaan Kembali penerbangan Internasional di Bandara SMB II sangat dinanti-nantikan oleh warga Sumsel sejak penutupan dua tahun lalu dampak Covid-19.

Dia mengapresiasi FGD yang digelar guna mencari solusi agar bandara internasional SMB II Palembang ini kembali melayani penerbangan internasional.

"Kita pernah jadi debarkasih dan embarkasih haji dan itu bukan merupakan sesuatu yang baru, jadi Bandara SMB II ini saya pikir sudah sangat siap apabila Penerbangan internasional kembali dibuka," ulasnya.

Bahkan menurutnya, tak hanya penerbangan internasional saja yang diharapkan dapat segera dibuka kembali untuk dilayani di Bandara SMB II.

Penerbangan rute domestik yang juga terdampak pandemi hingga ditutup pun diharapkan dapat dibula kembali untuk mempermudah akses konektivitas masyarakat Sumsel.

"Pembukaan kembali rute domestik itu juga akan meningkatkan geliat perekonomian, membantu sektor UMKM di Sumsel," imbuh Anita.

Adapun penerbangan domestik yang ditutup dua tahun terakhir ini adalah rute ke Denpasar, Semarang, Yogya, Bandung, dan lainnya.

Hadir dan menjadi pembicara dalam FGD ini di antaranya EGM Bandara SMB II, Kepala Dinas Pariwisata Prov Sumsel, Ketua Kadin Prov Sumsel, Ketua PHRI Prov Sumsel, Ketua Amphuri Prov Sumsel, Ketua ASITA Prov Sumsel, dan hadir juga Tokoh Masyarakat Pariwisata Prov Sumsel.

Kesepakatan yang dihasilkan dari FGD tersebut adalah agar segera meminta penerbangan internasional dan domestik yang masih ditutup.

"Ya, kami akan coba sampaikan semua aspirasi warga Sumsel dan stakeholder kepada ketiga Menteri yang memegang pembukaan izin dan regulasi di Bandara SMB II Palembang yakni Menhub, Menko Perekonomian dan Mendagri," pungkas Anita. (omy/ny)