Pria yang juga ketua umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila itu mengalahkan dua kandidat lainnya yakni Ahmad Sahroni dan Boy Rafli Amar dalam pemilihan yang berlangsung selama dua putaran tersebut.
 
Pemilihan ketua umum PB PGI berlangsung alot. Sidang dimulai pada 10:00 WIB dengan serangkaian agenda seperti tata cara pemilihan. Kemudian, 518 peserta pemilik hak suara sepakat untuk melakukan pemungutan suara pada pukul 16:00 WIB.
 
Perhitungan suara berakhir pada pukul 19:00 WIB. Hasilnya, Ahmad Syahroni meraih 185 suara, Japto Soerjosoemarno dengan 169 suara, dan Boy Rafli Amar dengan 157 suara. Adapun tujuh suara dinyatakan tidak sah.
 
Dengan hasil tersebut, pemilihan ketua umum PB PGI 2023-2027 berlanjut ke putaran kedua karena tidak ada calon yang berhasil memenuhi syarat sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yakni mendapatkan 50 persen plus satu dari total suara yang masuk. Dua kandidat yang mendapatkan suara terbanyak kembali bersaing, dalam hal ini Sahroni dan Japto.
 
Pemungutan suara putaran kedua dimulai pukul 20:00 WIB. Kedua kandidat sempat saling kejar. Hingga akhirnya setelah penghitungan suara berakhir pukul 22:40 WIB, Japto dinyatakan menang dalam pemilihan ketua umum PB PGI periode 2023-2027 setelah mendapatkan 268 suara. Sedangkan Sahroni dengan 231 suara. Lalu 6 suara dinyatakan tidak sah. Sisanya yakni 13 pemilik hak suara tidak hadir pada putaran kedua.
 
Japto menggantikan Murdaya Po yang selama dua periode terakhir menjadi ketua umum PB PGI yakni 2014-2018 dan 2018-2023.
 
Dalam sambutannya, Japto mengatakan bahwa persaingan sebagai ketua umum adalah bagian dari proses mengabdikan diri untuk olahraga golf.
 
Dia juga merangkul dua kandidat lainnya untuk bersama-sama meningkatkan prestasi olahraga golf di Tanah Air. "Saya harapkan dengan program yang baik dari mereka bisa membantu kami dalam memimpin PGI," kata Japto.
 
Pria kelahiran 16 Desember 1949 itu juga mengajak seluruh anggota PB PGI untuk bersinergi. "Jangan sampai ada gap komunikasi. Pemimpin itu dipilih sehingga wajib hukumnya untuk mendengarkan aspirasi dari para anggotanya," pungkas Japto yang sekaligus menutup Munas PGI 2023 yang berakhir pukul 23:00 WIB.     (ny/Sumber:Antara)