press enter to search

Sabtu, 25/05/2024 18:55 WIB

Ritual Thudong, 32 Biksu dari 3 Negara Tiba Jalan Kaki di Wihara Bekasi

Fahmi | Jum'at, 12/05/2023 11:27 WIB
Ritual Thudong, 32 Biksu dari 3 Negara Tiba Jalan Kaki di Wihara Bekasi Ritual jalan kaki lintas empat negara para Bhiksu saat tiba di Wihara Budha Dharma Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/5/2023).

BEKASI (Aksi.id) - Umat Budha Kota Bekasi mendapat kunjungan dari 32 Bhiksu (Banthe), yang telah berjalan kaki dari Thailand, Malaysia, Singapura dan akan mengakhiri perjalanan Thudong di Candi Borobudur saat perayaan Waisak mendatang.

Penyambutan dilakukan berbagi golongan masyarakat dari yang muda hingga tua di Wihara Budha Dharma, Kota Bekasi Jawa Barat, Jumat (12/5/2023).

Ketua Yayasan Wihara Budha Dharma Ronny Hermawan mengatakan para bhiksu itu akan melakukan jalan kaki menuju Candi Borobudur pada 4 Juni 2023 mendatang. Perjalanan mereka dimulai dari Thailand sejak Maret lalu.

"Thudong adalah perjalanan religi yang ditempuh dengan cara berjalan kaki. Mereka tidur di tempat ibadah, mampir di klenteng, wihara atau asrama haji. Mereka tadi malam nginap di pondok meditasi Bekasi Barat, lalu jam lima berjalan dan sampai di sini," ujar Ronny, Jumat (12/5/2023).

Dia menuturkan, puluhan Bhiksu tersebut akan melanjutkan lagi perjalanan ke Cikarang, Kerawang hingga akhirnya ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Setalah ini ke Cikarang jalan kaki, terus istirahat bermalam di Kerawang, sebelum terus sampai Magelang," katanya.

Perjalanan empat negara tersebut dimulai dari Nakhon Si Thammarat, Thailand, dengan berjalan kaki menempuh ribuan kilometer melewati Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Beberapa Bhiksu juga ada yang merupakan warga negara Indonesia.

Ronny menambahkan, selama melaksanakan ritual dengan melakukan perjalanan, puluhan biksu akan dikawal oleh Laskar Agung Macan Ali Nusantara yang merupakan komunitas muslim asal Cirebon.

"Para Bhiksu ini juga akan menyambangi tokoh-tokoh agama lainnya untuk menciptakan toleransi dan menyuarakan perdamaian dunia," kata Ronny.

Ritual keagaman diawali dengan doa para Bhiksu dan dilanjutkan dengan sarapan bersama umat dan para Banthe di Aula Wihara Budha Dharma.

Kegiatan juga dihadiri oleh Plt. Wali kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, Pembimas Kementerian Agama Wilayah Jawa Barat, Bapak Boddhi Giri Ratana, Ketua Magabutri Wilayah Jawa Barat, Romo Upalla Nanda Suteja, Camat Bekasi Timur, Fitri dan unsur Forkopimda.(fhm)