press enter to search

Kamis, 18/04/2024 16:38 WIB

Dukung Kesuksesan Layanan Jemaah Haji di 6 Bandara, Angkasa Pura II Siapkan 4.663 Personel

Redaksi | Rabu, 17/05/2023 04:27 WIB
Dukung Kesuksesan Layanan Jemaah Haji di 6 Bandara, Angkasa Pura II Siapkan 4.663 Personel Penerbangan di Bandara Kertajati

JAKARTA (aksi.id) - Director of Operation PT Angkasa Pura II Wendo Asrul Rose mengemukakan, seluruh infrastruktur sisi udara (air side) khususnya runway di enam bandara itu dipastikan siap mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) untuk penerbangan haji.

“Seluruh bandara AP II yang menjadi embarkasi haji siap mendukung operasional pesawat wide body seperti Boeing 777 - 300 ER dan Airbus A330 - 300. Maskapai yang mengoperasikan pesawat untuk penerbangan haji di bandara AP II ini adalah Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines,” kata Wendo di Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Dari sisi personel, dia memaparkan AP II menyiagakan total 4.663 personel terdiri dari personel operasi, pelayanan dan teknik.

“Seluruh personel dan fasilitas di bandara AP II dipastikan siap menyambut para jemaah haji dan mengantarkan para jemaah menuju Tanah Suci,” ungkap dia.

Ditambahkannya, Bandara Soekarno-Hatta yang melayani paling banyak jemaah haji, disiapkan layanan mecca route yang merupakan proses pre-clearance imigrasi oleh pihak Imigrasi Arab Saudi.

Melalui layanan mecca route, setiap jemaah haji yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta akan melalui proses pre-clearance imigrasi Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, untuk mempermudah proses kedatangan jemaah di Arab Saudi. 

Secara umum, proses keberangkatan para jemaah haji dimulai dari asrama haji untuk pemeriksaan keamanan barang dan orang, pemeriksaan kesehatan, imigrasi, lalu penanganan bagasi untuk dibawa ke bandara.

"Kemudian, para jemaah berangkat menuju bandara untuk proses boarding," tutur Wendo. (omy)