Angkasa Pura II Kick Off Survey Kepuasan Pelanggan Bandara

JAKARTA (Aksi.id) - Menggandeng Indonesia National Air Carriers Association (INACA), PT Angkasa Pura II Kick Off Survey pelanggan bandara kelolaannya.
VP Operation & Services PT. Angkasa Pura (AP) II, I Ketut Ferry Utameyasa menyatakan, dalam dunia bisnis, indeks kepuasan pelanggan (customer satisfaction index/ CSI) dari suatu entitas bisnis sesungguhnya.
"Bukan hanya upaya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen atau pelanggan bisnis tersebut. Namun CSI juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan perusahaan," tuturnya, Jumat (28/7/2023).
INACA dalam rangkaian kegiatan ini menurutnya, sebagai tim surveyor dan observer.
Rapat secara virtual dihadiri perwakilan dari INACA dipimpin Wakil Sekjen Capt. Dharmadi.
Secara umum, survey CSI bertujuan mendorong peningkatan pelayanan AP II secara berkelanjutan melalui pengukuran kualitas pelayanan bandara yang dinyatakan oleh indeks kepuasan pelanggan dan indikator relevan lainnya.
"Survei akan dilaksanakan selama Agustus dengan metode onsite dan offsite (online)," kata Fery dikutip dari laman inaca.
Selanjutnya data yang didapat akan diolah serta disajikan hasilnya pada September 2023.
Adapun survei offsite (online) akan dilaksanakan di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Radin Inten Lampung, Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Silangit, Depati Amir Pangkalpinang, Supadio Pontianak, Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dan Sultan Thaha Jambi.
Sedangkan metode survei secara onsite akan digelar di Bandara Hanandjoeddin Tanjungpandan, Tjilik Riwut Palangkaraya, Minangkabau Padang, Banyuwangi, Fatmawati Soekarno Bengkulu, dan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.
"Terdapat lima kategori responden dalam survei yaitu dari penumpang, cockpit crew, station manager, konsesioner, dan pelanggan kargo," ujarnya.
Diuraikan dalam rapat tersebut, beberapa aspek dalam pengukuran pada survey.
Aspek pengukuran cockpit crew adalah pelayanan dan fasilitas pendaratan bandara. Aspek pengukuran station manager, konsesioner dan kargo meliputi pelayanan, petugas, dan fasilitas.
Aspek pengukuran CSI penumpang meliputi akses, pelayanan informasi bandara, pemeriksaan keamanan, pelayanan check in, imigrasi dan bea cukai, fasilitas terminal, fasilitas belanja, lingkungan, dan kedatangan. (Fhm)
Artikel Terkait :
Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Lagi, KAI Commuter Operasikan Dua Rangkaian KRL Baru CLI-125 Pada Lintas Bogor dan Cikarang Pada Akhir Pekan Ini
- Kapolres Kepulauan Seribu Gelar Jumat Curhat di Pulau Untung Jawa, Warga Diajak Aktif Jaga Kamtibmas
- Kecelakaan Beruntun Libatkan Truk, Mobil Pickup dan Pribadi di Bulak Kapal, Bekasi Timur
- Menhub dan Kakorlantas Bahas ODOL dan Tetapkan 19 September sebagai Hari Keselamatan Jalan
- Satlantas Polsek Rawalumbu Imbau Pengendara Tak Lawan Arus ke Apartemen Grand Dhika City
- Zero ODOL 2025: Satlantas Bekasi Kota Edukasi Bahaya ODOL ke Pengemudi dan Manajemen Perusahaan
- Satlantas Bekasi Sosialisasi Zero ODOL di PT Manggala Kiat Ananda: Siap Hadapi Operasi Patuh 2025
- Polsek Rawalumbu Tampil Solid di Turnamen Futsal Kapolres Metro Bekasi Kota Cup 2025 Sambut HUT ke-79 Bhayangkara
- Dalam Waktu 2 X 24 Jam Polda Bali Berhasil Bekuk 3 Pelaku Penembakan WNA Australia
- Kapolri Tinjau SPPG Polda Bali, Pastikan Dukung Program MBG Pemerintah
