press enter to search

Sabtu, 25/05/2024 17:35 WIB

Perjuangan Atlet Pencak Silat di Kancah Internasional yang Raih Juara 3 pada Event World Martial Arts Contest 2023 di Korsel

Fahmi | Senin, 21/08/2023 13:48 WIB
Perjuangan Atlet Pencak Silat di Kancah Internasional yang Raih Juara 3 pada Event World Martial Arts Contest 2023 di Korsel Tim Atlet Pencak Silat Indonesia yang setelah selesai bertanding pada The World Martial Arts Contest 2023 bertemu pihak Dubes RI di Korea Selatan pada Ahad (21/8/2023).

JAKARTA (Aksi.id) - Perjuangan para Atlet Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di pergelaran kegiatan kancah dunia tidak sia-sia.

Pada Event The World Martial Arts Contest 2023 yang berlangsung di Chungju, Korea Selatan (Korsel), Tim yang mewakili Indonesia berhasil meraih juara tiga dan mendapat penghargaannya pada 18 Agustus 2023.

Sejumlah kesenian bela diri tradisional Indonesia ditampilkan para peserta dari Indonesia yang terdiri dari lima tim untuk masing-masing cabang.

Perlombaan tersebut diikuti oleh tim dari puluhan negara. Tim Pencak Silat berhasil membawa pulang tiga medali dalam pertandingan tersebut.

Salah satu peserta Indonesia juga berhasil meraih medali perunggu di World Martial Arts Contest 2023 itu.

"Alhamdulillah kita tim Indonesia bisa tepat sekejul (jadwal) walau biaya keberangkatan harus minjem sonoh sinih, tapi itu tidak menjadi halangan bagi kami, tim yang sudah dipercayakan ketika ibu Pertiwi memanggil," celoteh Deny Shaifuddin kepada media, Ahad (21/8/2023).

Dari masing-masing tim menampilkan alat atau kesenian bela diri yang berbeda, ada yang menampilkan senjata golok, pisau, hingga toya.

"Alhamdulillah kita meraih tiga medali di kegiatan itu, nah yang ikut itu ada 23 negara. Kita masuk nominasi juara tiga," ujarnya.

Deny atau yang akrab disapa Bang Jiung Si Golok Terbang mendapatkan juara tiga pada kategori In The Weapon Single Male Category. Dia mendapatkan medali silver.

Pelestari Kesenian Budaya Betawi ini juga menceritakan dirinya bersama tim juga berkesempatan bertemu pihak KBRI di Korea Selatan, namun dia mengungkapkan, pihak Kedutaan juga tidak mengetahui ada pergelaran Internasional yang melibatkan Indonesia sebagai pesertanya.

"Ternyata Kedubes pun tidak tau kalau ada kejuaraan internasional yang melibatkan Indonesia. Padahal giat ini sudah ada sejak 2010," sebut Bang Jiung.

Tim Indonesia yang sudah berprestasi di Korea Selatan menjadi suatu kebanggan yang luar biasa untuk masyarakat Indonesia apalagi untuk yang berada di negara pertandingan tersebut.

Bang Jiung mengungkapkan, dirinya bersama tim diterima dengan haru dan bangga oleh pihak kantor KBRI.

"Diterima dengan haru dan bangga karena warga negara Indonesia ada yg berprestasi di Korea. Sayangnya ini hari Minggu pak Dubes sedang berada di luar, namun staf Kedubes menyambut dan mengapresiasi team dengan penuh sukacita," ungkap warga Kota Bekasi tersebut.

Pencapaian Tim Indonesia yang juga bertepatan pada momen Hari Kemerdekaan ke 78 RI ini menjadi suatu persebahan untuk bangsa tanah air.

"Di hari Kemerdekaan inilah bentuk persembahan kami Iim Indonesia menorehkan sejarah di kancah internasional. Kami bangga menjadi generasi penerus perjuangan bangsa Indonesia," ujar Bang Jiung.

Bang Jiung juga mengungkapkan, pada pertandingan itu terdapat beberapa tim dari negara lain yang terlambat dan tidak bisa mengikuti pertandingan.

"Ternyata kemarin negara lain menyusul seperti Mogolian, Kazastan, Ubekistan dan enpatnegara lainnya, namun acara kompetisinya sudah selesai," katanya.

Bang Jiung juga memperlihatkan sejumlah apa yang dia dapatkan, terdapat piagam penghargaan dan medali.

Tim Indonesia meraih juara tiga pada event The World Martial Arts Contest 2023 di Chungju, Korea Selatan (Korsel) pada 18 Agustus 2023.

Perlombaan tersebut diikuti oleh tim dari puluhan negara. Tim Indonesia berhasil meraih tiga medali dalam gelaran tersebut.

Indonesia mengirimkan lima orang tim sebagai atlet yang berlaga pada kejuaraan tingkat dunia tersebut.

Salah satu atlet mengatakan kepada media, pada pertandingan tersebut, Indonesia mengirimkan sebanyak 5 tim. Dari masing-masing tim menampilkan alat atau kesenian bela diri yang berbeda, ada yang menampilkan senjata golok, pisau, hingga toya.

"Alhamdulillah kita meraih tiga medali di kegiatan itu, nah yang ikut itu ada 23 negara. Kita masuk nominasi juara tiga," ujar Deny Shaifuddin, Sabtu (19/8/2023).

Para Wakil Indonesia di Kejuaraan World Martial Arts di Korea Selatan

Berikut Atlet Tim Indonesia yang Ikut dalam Kejuaraan The World Martial Arts Contest 2023:

1. Deny Syaifuddin Hidayatulah
2. Radja Amarta Jaya
3. Nabila Putri Alifta
4. Salma Azizah
5. Rizal
6. Muhammad Akbar

(fhm)