press enter to search

Senin, 17/06/2024 05:11 WIB

Polda Metro Jaya Hentikan Tilang Uji Emisi Kendaraan, Begini Penjelasannya

Bondan | Selasa, 12/09/2023 22:27 WIB
Polda Metro Jaya Hentikan Tilang Uji Emisi Kendaraan, Begini Penjelasannya Ilustrasi uji emisi kendaraan di Kota Bekasi.

JAKARTA (Aksi.id) -- Kebijakan tilang untuk kendaraan yang tidak lolos uji emisi di wilayah Jakarta resmi dihentikan. Tilang uji emisi disetop karena dinilai tidak efektif dan memberatkan masyarakat.

“Ini memberatkan masyarakat. Itu (penghapusan) sebagai bahan evaluasi biar tidak memberatkan masyarakat kita ini untuk sementara persuasif dan edukatif,” kata Irwasda Polda Metro Jaya sekaligus Kasatgas Pengendalian Polusi Udara Kombes Nurcholis, Selasa (12/9/2023).

Sebagaimana diketahui, sebelumnya tilang diberlakukan untuk mereka yang tidak lolos uji emisi. Warga yang motornya gagal uji emisi akan dikenai tilang Rp 250 ribu, sementara mobil didenda Rp 500 ribu.

Nurcholis mengatakan tilang uji emisi lebih banyak menimbulkan sentimen negatif ketimbang positifnya. Ia menambahkan, kebijakan tilang uji emisi dihentikan berdasarkan koordinasi stakeholder terkait.

“Iya, kan ada sentimen positif sentimen negatif. Jadi kita melihat dari sentimen negatif dan positifnya. Ternyata memang banyak negatifnya, jadi kita evaluasi maka kita lebih kepada persuasif edukatif,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Nurcholis, bagi para pengendara yang tak lolos uji emisi kini hanya disarankan untuk melakukan servis kendaraan.

“Maksudnya kita persuasif dan edukatif, jadi itu sementara. Kita sekarang diarahkan kepada internal dulu, artinya mobil mobil kedinasan misalkan di kepolisian dicek dulu, Polres Polres anggota cek dulu internal dulu jangan masyarakat dulu,” tandasnya.