press enter to search

Minggu, 19/05/2024 16:02 WIB

AllianzGI Indonesia Resmi Luncurkan Strategi Ekuitas Syariah

Ahmad Bashori | Selasa, 03/10/2023 15:41 WIB
AllianzGI Indonesia Resmi Luncurkan Strategi Ekuitas Syariah foto:istimewa/allianz

Jakarta (aksi.id) - PT Allianz Global Investors Asset Management Indonesia ("AllianzGI Indonesia"), manajer investasi aktif di Indonesia hari ini memperkenalkan Strategi High Dividend Global Sharia Equity (Strategi) dengan mengeluarkan produk Reksa Dana Syariah Allianz High Dividend Global Sharia Equity Dollar di pasar Indonesia. Sebagai Strategi Ekuitas Syariah Dolar pertama dari AllianzGI Indonesia, Strategi ini bertujuan untuk memberikan pembagian dividen setiap triwulan dan difokuskan pada perusahaan-perusahaan global dengan dividen tinggi, yang menjamin
pertumbuhan dividen yang stabil.

Strategi ini menawarkan portofolio investasi yang baru dan aktif khususnya bagi para investor yang mengincar pendapatan serta mencari solusi investasi global. Strategi ini dirancang untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat terhadap pilihan investasi berbasis syariah yang tidak hanya selaras dengan nilai-nilai etika namun juga menawarkan potensi imbal hasil yang menarik. AllianzGI Indonesia berkomitmen untuk memberikan layanan yang sesuai dengan beragam kebutuhan nasabahnya di Indonesia dan berkontribusi dalam pertumbuhan pesat ekonomi
syariah di Tanah Air, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/10/2023).

Rima Suhaimi, Presiden Direktur dan Head of Indonesia AllianzGI mengungkapkan, "Dalam menghadapi tantangan pasar saat ini, kami dihadapkan pada kebutuhan untuk mengambil keputusan portofolio investasi yang lebih strategis dan dengan menerapkan strategi diversifikasi dividen, kami bertujuan untuk membantu mengatasi ketidakpastian yang ada di pasar. Dengan memperkenalkan Strategi High Dividend Global Sharia Equity kepada klien kami di Indonesia, kami terus memperkuat AllianzGI di pasar Indonesia sebagai manajer aset aktif global. Kami berkomitmen untuk membawa keahlian global AllianzGI ke Indonesia, dengan harapan untuk menyediakan solusi investasi yang terintegrasi dan kuat bagi para klien kami."

Strategi ini akan menginvestasikan minimal 80% dari nilai aset bersih (net asset value/NAV) dalam ekuitas yang sesuai dengan prinsip syariah. Strategi ini sangat menekankan pendekatan investasi yang disiplin dan sistematis, dengan tujuan memanfaatkan premi risiko yang terkait dengan gaya investasi jangka panjang yang sukses seperti Nilai atau Kualitas. Lebih lanjut, strategi ini juga memberikan fokus yang signifikan pada eksposur dividen, dengan penekanan khusus pada upaya mencari eksposur yang seimbang antara Dividen Hasil, Pertumbuhan Dividen, dan Stabilitas Dividen untuk mencapai kinerja luar biasa yang stabil*.

Strategi ini ditujukan untuk masyarakat Indonesia dan menargetkan investor yang mencari arus kas dan pendapatan yang stabil serta pertumbuhan modal. Strategi ini berkomitmen untuk menyelaraskan diri dengan prinsip-prinsip syariah dan menargetkan untuk menyesuaikan dengan prinsip syariah dengan memanfaatkan Dow Jones Islamic World Index. Pengecualian yang sesuai dengan prinsip syariah diperkirakan tidak akan mengganggu gaya kombinasi investasi yang diinginkan, dan pendekatan ini mencerminkan komitmen terhadap prinsip-prinsip investasi yang sehat dan kepatuhan terhadap pertimbangan etika dan regulasi. Desmond Ng, Head of Asia Pacific at Allianz Global Investors, menambahkan

"Asia Tenggara menjadi salah satu fokus utama dalam rencana ekspansi Global Allianz Investors, sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan pesat, Indonesia tetap berada dalam pusat perhatian bisnis kami. Peresmian dari peluncuran strategi ini di Indonesia adalah momen yang sangat berarti bagi AllianzGI di pasar lokal yang memperlihatkan keahlian global kami yang digabungkan dengan pengetahuan yang mendalam tentang kondisi di lapangan, menciptakan nilai tambah yang berharga bagi klien kami di Indonesia. Kami berharap dapat melihat lebih
banyak kerja sama antara organisasi di masa depan, sambil terus menyediakan beragam solusi investasi yang unik, sesuai dengan kebutuhan nasabah di Indonesia."

Strategi Allianz High Dividend Global Sharia merupakan strategi pertama yang diluncurkan sejak akuisisi AllianzGI Indonesia pada tahun 2022. Strategi ini akan memenuhi kebutuhan investor lokal yang fokus pada pendapatan konsisten dan akses terhadap pasar internasional sehingga memperoleh diversifikasi portofolio. Langkah ini menjadi penting bagi kehadiran AllianzGI di Asia dalam rangka memperkuat komitmennya terhadap Asia Tenggara dan pasar keuangan Indonesia yang berkembang pesat.

*Pembayaran dividen dari strategi ini tunduk pada pajak yang berlaku, tidak dijamin, dan tunduk pada kebijakan manajer portofolio. Dividen dapat dibayarkan dari modal. Tingkat dividen dan pembayaran di masa lalu tidak mencerminkan tingkat dividen dan pembayaran di masa depan. Pembayaran historis mungkin terdiri dari pendapatan yang dapat dibagikan atau modal, atau keduanya. Investasi melibatkan risiko. Nilai investasi dan pendapatan dari investasi tersebut akan fluktuatif, dan investor mungkin tidak mendapatkan kembali pokok yang diinvestasikan. Kinerja di masa lalu tidak menjadi indikasi kinerja di masa depan.

Ini merupakan komunikasi pemasaran. Hanya untuk tujuan informasi. Dokumen ini tidak merupakan saran investasi atau rekomendasi untuk membeli, menjual, atau menahan sekuritas apa pun dan tidak dianggap sebagai penawaran untuk menjual atau ajakan untuk membeli sekuritas apapun. Pandangan dan pendapat yang diungkapkan di sini, yang dapat berubah tanpa pemberitahuan, adalah milik penerbit atau perusahaan terafiliasi pada saat publikasi. Data tertentu yang digunakan berasal dari berbagai sumber yang diyakini dapat diandalkan, tetapi ketepatan atau kelengkapan data tersebut tidak dijamin, dan tidak ada tanggung jawab atas kerugian langsung atau tidak langsung yang timbul dari penggunaannya. Penggandaan, publikasi, ekstraksi, atau transmisi konten, terlepas dari bentuknya, tidak diizinkan.(ahmad)

Keyword Allianz