press enter to search

Kamis, 18/04/2024 16:51 WIB

Kakorlantas dan Gubernur DIY Jajaki Program Kerjasama Smart City

Bondan | Jum'at, 23/02/2024 22:27 WIB
Kakorlantas dan Gubernur DIY Jajaki Program Kerjasama Smart City Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan bersama Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X dalam rangka kerja sama program Smart City di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (23/2/2024).

YOGYAKARTA (Aksi.id) -- Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan bersama Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X dalam rangka kerja sama program Smart City di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (23/2/2024).

“Jadi kami dari Polri Korlantas tahun ini akan mengoperasionalkan atau akan membangun Smart City yang berbasis Road Safety Policing artinya Smart City yang basisnya memang untuk keselamatan di jalan,” jelas Kakorlantas Polri.

Melalui program Smart City berbasis Road Safety Policing, nantinya masyarakat DIY akan mendapatkan informasi seputar lalu lintas guna meningkatnya kualitas keselamatan dan menurunnya tingkat fatalitas bagi korban kecelakaan.

“Program dari Korlantas bisa mendapatkan data terkait kelancaran lalu lintas di kota Yogya, menghitung kapan kita harus melakukan rekayasa lalu lintas dengan algoritma yang ada, kapan persimpangan harus dibangun underpass atau fly over kemudian lamanya traffic light,” terangnya.

Dengan program Smart City diharapkan keamanan dan ketertiban lalu lintas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta bisa lebih baik dan dapat memberikan pelayanan dengan kecanggihan teknologi.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X mengatakan program Smart City yang berkolaborasi dengan Polri dapat meningkatan pelayanan pemkot kepada masyarakat khususnya dibidang kenyamanan dan keamanan serta dapat mengatasi masalah kemacetan di kota/kabupaten DIY.

“Kelembagaan dari Polri dalam hal ini Polda bagaimana kita bisa bangun kerjasama untuk mengatur karena Yogya ini bukan kota besar, bukan kota metropolitan tapi nanti tol makin selesai makin crowded, bagaimana kita ngatur untuk keamanannya kenyamanannya menyangkut masalah trafficnya, mungkin kejahatan dan sebagainya,” katanya.

Turut hadir, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol. Bakharuddin Muhammad Syah, Dirlantas Polda DIY Kombes Pol. Alfian Nurrizal, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol. Ari Subiyanto, Konsultan Smart City Luluk, dan PJU Ditlantas Polda DIY.