press enter to search

Kamis, 23/05/2024 11:13 WIB

BPTJ Uji Coba BISKITA Trans Bekasi Patriot Rute Vida-Summarecon

Bondan | Kamis, 29/02/2024 18:10 WIB
BPTJ Uji Coba BISKITA Trans Bekasi Patriot Rute Vida-Summarecon BISKITA Trans Bekasi Patriot rute Vida-Summarecon.

BEKASI (Aksi.id) -- Layanan transportasi BISKITA Trans Bekasi Patriot mulai serangkaian uji coba (soft launching) pengoperasian program Buy The Service (BTS) dengan rute perjalanan dari shuttle  Pasar Alam Vida - Summarecon Kota Bekasi pada Kamis (29/2/2024).

Dalam kegiatan rangkaian uji coba ini Direktur Angkutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Tatan Rustandi memaparkan sejumlah layanan program moda transportasi BTS BISKITA Trans Bekasi Patriot.

“Hari ini kita ujicoba BISKITA Trans Bekasi Patriot dari Vida menuju Summarecon Kota Bekasi. Konsepnya ini layanan mobilisasi modernisasi angkutan umum di Bodetabek. Konsep ini adalah untuk memberikan kenyamanan, ketepatan, keselamatan, dan keamanan. Layanan ini tentunya juga memudahkan penyandang disabilitas untuk menggunakan transportasi umum, karena BISKITA ini tersedia satu bus dirancang untuk penyandang disabilitas,” papar Tatan kepada awak media, Kamis (29/2/2024).

Kemudian, lanjut dia menjelaskan, layanan  BISKITA ini dilengkapi dengan CCTV di setiap sudut dalam bus, sistem tiketingnya mempergunakan cashless tidak lagi mempergunakan pembayaran secara tunai.

“Dengan adanya pembayaran secara cashless, pengemudi tidak boleh melakukan transaksi dan harus berhenti di tempat-tempat yang sudah ditentukan yaitu bus stop atau shelter. Sistem tapping ini dapat dilakukan menggunakan kartu dari sejumlah bank seperti bank Pemerintah maupun swasta seperti e-money, Flazz, Tap Cash dan Brizzi. Jadi persoalan Jabodetabek itu yang perlu ditangani adalah peningkatan modernisasi pelayanan angkutan umum, terutama di wilayah Bodetabek,” jelasnya.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi masyarakat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan moda transportasi umum. Layanan BISKITA di Kota Bekasi ini masih gratis selama 6 bulan.

“Untuk saat ini masih gratis selama 6 bulan. Selama rentan waktu tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi akan mengkaji tarif seberapa kemampuan daya beli masyarakat Kota Bekasi,” tuturnya.

Menurutnya, layanan BTS ini sudah dilakukan di beberapa wilayah Indonesia seperti Medan, Solo, Makassar, Bandung, Semarang dan Bogor serta Bekasi Kota Kedua yang memulai program BTS.

Dia berharap, dengan adanya layanan BTS BISKITA target penumpang 60-70 dengan kapasitas muatan bus 40 orang, seharusnya diperkotaan ini lebih banyak masyarakat yang menggunakan transportasi ini. Semoga dengan adanya BISKIT Trans Bekasi Patriot masyarakat menyambut dengan baik.