press enter to search

Kamis, 18/04/2024 17:18 WIB

1,6 Juta Pengguna di Libur Panjang, KAI Commuter Imbau Manfaatkan Akhir Pekan Kembali untuk Aktivitas Besok

Ahmad Bashori | Minggu, 31/03/2024 15:41 WIB
1,6 Juta Pengguna di Libur Panjang, KAI Commuter Imbau Manfaatkan Akhir Pekan Kembali untuk Aktivitas Besok Foto istimewa

Jakarta (aksi.id) - Hari terakhir libur panjang peringatan Paskah, masih terpantau pergerakan masyarakat pengguna Commuter Line Jabodetabek di stasiun tujuan yang berada di kawasan pusat-pusat perbelanjaan. 

Selama libur panjang ini, mulai Jumat (29-31/3) hingga pukul 13.00 WIB, data total pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 1.620.322 orang. Dimana Stasiun Tanah Abang yang terletak di kawasan pusat perbelanjaan sebagai stasiun tujuan dengan volume terbanyak yaitu tercatat sebanyak 195.061 orang. Sementara itu stasiun-stasiun lain yang juga berada di Kawasan perbelanjaan seperti Stasiun Depok Baru sebanyak 46.821 orang dan Stasiun Tebet 42.804 orang.

Sedangkan stasiun-stasiun yang berada di sekitar Kawasan wisata seperti Stasiun Bogor total pengguna diangka 82.183 orang yang menuju stasiun tersebut. Untuk Stasiun Jakarta Kota di Kawasan Kota Tua membukukan pengguna sebanyak 29.665 orang.

KAI Commuter juga mencatat hingga pukul 13.00 WIB pengguna Commuter Line yang transit di Stasiun Manggarai sebanyak 37.781 orang yang bertujuan ke Jakarta Kota, Bogor, Kampung Bandan dan Bekasi/Cikarang. Sedangkan di Stasiun Tanah Abang pengguna transitan sebanyak 50.512 orang, Stasiun Duri sebanyak 19.039 orang dan Stasiun Kampung Bandan sebanyak 3.399 orang.

Esok hari merupakan hari kerja pertama, seperti yang diketahui bersama awal pekan merupakan hari dengan jumlah pengguna commuterline yang paling banyak dibanding hari-hari lainnya. Sampai dengan minggu ke empat Maret 2024 ini, hari Senin 4 maret 2024 kemarin merupakan hari dengan volume pengguna tertinggi, dengan total pengguna sebanyak 1.024.456 orang. 

Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna pada hari kerja sepanjang bulan ini sebanyak 960.713 orang. Angka tersebut lebih besar 31% jika dibanding dengan rata-rata volume pengguna pada libur akhir pekan pada bulan ini yaitu sebanyak 663.543 orang per hari.

Dengan perbedaan jumlah volume pengguna pada awal minggu, KAI Commuter mengajak pengguna yang beraktivitas setiap harinya di Jakarta untuk dapat menggunakan commuter line pada akhir pekan ini dengan memanfaatkan kondisi yang lebih lengang. Pada Senin esok, KAI Commuter memprediksi jumlah volume pengguna tidak jauh berbeda dengan Senin pekan sebelumnya yaitu sebanyak 980 ribu lebih orang.

Pada 1 Maret 2024 kemarin, KAI Commuter menambah pemberhentian layanan Commuter Line Basoetta di Stasiun Rawabuaya yang sebelumnya dilayani di Stasiun Basoetta, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri, dan Stasiun BNI City serta Stasiun Manggarai. Diharapkan dengan penambahan layanan pemberhentian ini, Commuter Line Basoetta bisa menjadi alternatif perjalanan dari wilayah kota Tangerang menuju Jakarta atau sebaliknya. 

KAI Commuter terus mengajak kepada seluruh pengguna dalam bercommuter untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya. Bagi pengguna yang sedang menunggu perjalanan commuter line di area stasiun, dahulukan pengguna yang akan keluar dan menunggu perjalanannya di belakang garis kuning dan selalu memperhatikan celah antara peron dengan kereta.

KAI Commuter juga mengingatkan untuk selalu memperhatikan celah antara peron dengan kereta dan selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun. Pada saat waktu berbuka puasa, KAI Commuter mengimbau dalam berbuka puasa dengan makan dan minum secara tidak berlebihan dan hindari makan atau minum yang berbau menyengat.(ahmad)