press enter to search

Kamis, 18/04/2024 17:33 WIB

Korlantas Bahas Rekayasa Lalin di Jalur Wisata saat Musim Mudik Lebaran Dalam Rakor Komisi V DPR

Bondan | Rabu, 03/04/2024 10:57 WIB
Korlantas Bahas Rekayasa Lalin di Jalur Wisata saat Musim Mudik Lebaran Dalam Rakor Komisi V DPR Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

JAKARTA (Aksi.id) -- Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di jalur wisata pada musim mudik Lebaran 2024.

Penerapan rekayasa lalu lintas di jalur wisata akan dilakukan secara lokal di daerahnya masing-masing.

“Untuk jalur wisata kita sudah siapkan juga rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan secara lokal di lokasi, jadi para Kapolda sudah disiapkan rekayasa lalu lintas lokalnya, jalur arteri, jalur wisata,” ungkap Irjen Aan Suhanan usai raker kesiapan mudik bersama komisi V di gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024).

Irjen Pol Aan mengatakan pihaknya juga akan memberlakukan pengalihan arus khusus di daerah wisata. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Tak hanya di jalur wisata, potensi perlambatan juga diprediksi akan terjadi di ruas arteri dan pasar tumpah karena hingga saat ini titik tersebut masih menjadi troublespot.

“Untuk mengurangi terjadinya perlambatan kami telah menyiapkan rekayasa arus lalin di arteri maupun di jalur wisata ini dengan melakukan pengalihan arus buka tutup, one way sepenggal ini akan kita laksanakan juga seperti di tempat wisata,” jelasnya.

Untuk jalur arteri, Kakorlantas menjelaskan sudah memetakan d titik krusial dan menyiapkan rekayasa lalu lintas, salah satunya di jalur selatan yang berpotensi mengalami kemacetan.

“Kemudian untuk arteri juga sudah kita petakan untuk titik-titik krusialnya, kita sudah siapkan untuk rekayasa lalu lintas ya nanti ada oneway sepenggal, pengalihan arus seperti di Gentong Tasikmalaya, kita akan alihkan kita akan buka tutup sampai pada penerapan ganjil genap lokal,” ujar Kakorlantas.

Irjen Pol Aan mengingatkan rekayasa lalu lintas contraflow ataupun oneway akan mulai diberlakukan tanggal 5 April 2024, pukul 14.00 WIB, kemudian ia juga mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk selalu memperhatikan plat nomor kendaraan dan menyesuaikan dengan tanggal ganjil genap.

“Skema contraflow ini akan diberlakukan di kilometer 36 di Jakarta-Cikampek sampai dengan, kemudia melaksanakan one way dari kilometer 72 sampai dengan KM 414 di gerbang tol kalikangkung itu akan dilaksanakan pada tanggal 5 mulai 14.00 WIB kita akan lepas untuk pelaksanaan contraflow maupun one way dan pembatasan,” kata Kakorlantas.

“Kemudian ganjil genap ya ini akan kita berlakukan di KM O Jakarta Cikampek sampai dengan KM 414 ya di kalikangkung ini paralel dengan pelaksanaan tadi one way maupun contraflow artinya ketika diberlakukan contraflow, one way kemudian genap untuk buat ruas jalan tersebut kita berlakukan sesuai dengan tanggalnya ya kalau tanggal 5 berarti yang nomor polisinya ekornya ganjil,” tutupnya.