press enter to search

Sabtu, 25/05/2024 18:23 WIB

Ada Angkutan Lebaran Gratis, Jumlah Pemudik Pakai Sepeda Motor Berkurang

Redaksi | Selasa, 09/04/2024 14:37 WIB
Ada Angkutan Lebaran Gratis, Jumlah Pemudik Pakai Sepeda Motor Berkurang Kepala Unit Lalu Lintas (Kanit Lantas) Polsek Rawalumbu, Iptu Suradi.

BEKASI (Aksi.id) -- Kepala Unit Lalu Lintas (Kanit Lantas) Polsek Rawalumbu, Iptu Suradi mengungkapkan jumlah pemudik yang melintasi Jalan Chairil Anwar mulai berkurang tepatnya di depan Pos Pengamanan (Pos Pam) Operasi Ketupat Jaya 2024.

“Pantauan Pos Pam Tol Bekasi Timur untuk arus mudik hari ini jauh berkurang. Mungkin yang puncaknya malam sabtu dan malam minggu, itu puncaknya daripada arus mudik,” ungkap Iptu Suradi kepada Aksi.id, Selasa (9/4/2024).

Lanjut dia menjelaskan, dengan adanya angkutan lebaran mudik gratis yang disediakan oleh Pemerintah, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor berkurang jauh pada tahun ini dibandingkan pada tahun lalu.

“Alhamdulillah, untuk pemudik pengendara roda dua berkurang jauh daripada tahun yang lalu. Karena saat ini sudah banyak sekali mudik gratis, baik melalui kapal, bus yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan maupun Pemerintah. Sehingga mempengaruhi untuk pemakai kendaraan roda dua berkurang signifikan,” jelasnya.

Namun, dengan adanya angkutan lebaran mudik gratis tersebut, masih ditemukan juga pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan membawa barang bawaan berlebih pada kendaraannya. Hal tersebut membuat petugas Unit Lantas Polsek Rawalumbu terus mensosialisasikan dan mengimbau kepada para pemudik tersebut.

“Pemudik menggunakan roda dua masih ditemukan membawa barang melebihi kapasitas maupun membawa penumpang lebih dari satu. Hal itu tidak sangat dianjurkan oleh pihak kepolisian, karena sangat membahayakan keselamatan daripada pengemudi itu sendiri maupun orang lain. Untuk pengemudi hanya diberikan imbauan dan peringatan saja agar selalu berhati-hati dalam perjalanan. Bila lelah dipersilahkan untuk istirahat mencari tempat yang aman,” imbuhnya.

Selain itu, Iptu Suradi juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan konvoi pada saat malam takbiran, “untuk malam takbiran diimbau kepada seluruh masyarakat terutama para pemuda untuk tidak melaksanakan konvoi. Karena sangat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Diharapkan untuk melaksanakan takbiran di Mushola atau di Masjid sekitar rumahnya masing-masing. Untuk pengamanan lalu lintasnya pada saat malam takbiran disiagakan 11 personel Unit Lantas Polsek Rawalumbu,” tutupnya. (DN)