press enter to search

Sabtu, 25/05/2024 18:51 WIB

Tembus 31 Ribu Lebih Pengguna KRL Jabodetabek Turun Di Stasiun Bogor, KAI Commuter Imbau Selalu Awasi Anak dan Barang Bawaan

Ahmad Bashori | Jum'at, 12/04/2024 19:46 WIB
Tembus 31 Ribu Lebih Pengguna KRL Jabodetabek Turun Di Stasiun Bogor, KAI Commuter Imbau Selalu Awasi Anak dan Barang Bawaan Foto:istimewa/aksi.id/ahmad

 

 

Jakarta (aksi.id) - Ada catatan menarik di hari ketiga Lebaran 2024, di wilayah operasional Commuter Line Jabodetabek. Pada Jumat, (12/4) hingga pukul 15.00 Wib tercatat volume pengguna yang menggunakan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 289.653 orang. Terpantau volume pengguna cukup ramai di stasiun-stasiun awal pemberangkatan Commuter Line dan stasiun-stasiun tujuan di Kawasan wisata keluarga.

Hingga pukul 15.00 Wib Stasiun Bogor mencatat pengguna yang naik dari stasiun tersebut sebanyak 21.676 orang dan sebanyak 31.402 orang yang turun di stasiun tersebut. Dengan angka tersebut menjadikan Stasiun Bogor sebagai stasiun pemberangkatan dan stasin tujuan dengan volume tertinggi pada hari ketiga libur lebaran tahun ini.

Stasiun Jakarta Kota yang terletak di Kawasan wisata Kota Tua hari ini juga sebagai salah satu stasiun tujuan dengan volume pengguna terbanyak yaitu sebanyak 13.936 orang yang turun di stasiun tersebut. Selain itu Stasiun Tanah Abang yang berada di kawasan pusat perbelanjaa mencatat sebanyak 9.764 orang yang turun di stasiun tersebut. 

Kondisi di stasiun-stasiun transit hingga pukul 15.00 Wib juga terpantau ramai lancar. Terpantau di Stasiun Manggarai sebagai Stasiu transit teramai mencatat volume transit sebanyak 67.746 orang yang bertujuan ke Jakarta Kota, Bogor, Kampung Bandan dan Bekasi/Cikarang. Sedangkan di Stasiun Tanah Abang pengguna transitan sebanyak 51.587 orang, Stasiun Duri sebanyak 24.956 orang dan Stasiun Kampung Bandan sebanyak 11.923 orang.

Terpantau pengguna musiman yang berpergian untuk silaturahmi bersama keluarga dan anak atau yang sekedar memanfaatkan untuk berwisata pada waktu libur lebaran ini mendominasi rata-rata pengguna Commuter Line Jabodetabek pada hari ini. 

Untuk itu, KAI Commuter mengingatkan bagi pengguna commuterline yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan. Menjaga barang bawaan. 

Untuk mengantisipasi kepadatan pengguna di Stasiun yang akan naik dan turun di Stasiun Bogor, mulai tanggal (9-16/4) dilakukan penyesuaian akses keluar-masuk pengguna ke area stasiun. Pada periode tersebut akses masuk atah timur stasiun (gate timur) dibuat satu arah dan hanya sebagai pintu masuk (Tap-In). untuk pengguna yang akan keluar menuju hall timur atau arah alun-alun Kota Bogor bisa keluar melalui gate di hall Barat (arah Jl. Mayor Oking).  

Sementara itu, untuk operasional Commuter Line Merak hingga pukul 15.00 Wib total volume pengguna sebanyak 14.947 orang. Terpantau Stasiun Rangkasbitung merupakan stasiun pemberangkatan Commuter Line Merak dan Stasiun Serang dengan volume terbanyak yaitu 1.940 orang dan 1.160 orang. Sedangkan stasiun tujuan dengan volume pengguna terbanyak yaitu Stasiun rangkasbitung dan Stasiun Merak dengan volume sebanyak 2.852 orang dan 1.712 orang.

Operasional Commuter Line Basoetta pada hari ketiga Lebaran tahun ini juga tercatat volume pengguna hingga pukul 15.00 Wib sebanyak 2.700 orang, sedangkan pada hari kedua lebaran kemarin tercatat total sebanyak 3.777 orang. Mulai besok Saabtu 13-16 April 2024, layanan perjalanan Commuter Line Basoetta akan kembali ditambah 8 perjalanan menjadi 64 perjalanan tiap harinya.

KAI Commuter Mengimbau untuk keselamatan saat menggunakan Commuter Line pastikan saat menunggu pemberangkatan kereta di area peron tidak melewati garis kuning, dan untuk kenyamanan bersama selalu dahulukan pengguna yang turun dari kereta.

 

Anne Purba

Corporate Secretary

KAI Commuter