press enter to search

Sabtu, 25/05/2024 19:02 WIB

Kakorlantas Polri Patroli Bersama Tim Urai Tinjau Puncak Arus Balik Lebaran

Redaksi | Senin, 15/04/2024 10:14 WIB
Kakorlantas Polri Patroli Bersama Tim Urai Tinjau Puncak Arus Balik Lebaran Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengimbau masyarakat agar tidak berhenti di bahu jalan, Minggu (14/4/2024).

CIKAMPEK (Aksi.id) -- Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan patroli bersama tim urai menggunakan sepeda motor meninjau langsung pergerakan arus balik lebaran di jalur Jakarta-Cikampek, Senin (15/4/2024).

“Tadi saya bersama tim urai melakukan patroli sekaligus melihat secara langsung apa apa saja yang menjadi hambatan yang mengakibatkan perlambatan ya di samping volume kendaraan memang cukup tinggi ada juga hambatan-hambatan yang mestinya tidak ada,” ungkap Kakorlantas di Command Center KM 29.

Sebelum melakukan patroli Kakorlantas mengatakan kapasitas jalan masih leluasa untuk diberlakukannya contraflow 3 lajur. Tetapi karena adanya bottle neck mengakibatkan hambatan, sehingga di KM 62 kemudian pertemuan KM 66 Cipularang Bandung terjadi perlambatan.

“Tadi saya sampaikan sebelum patroli kapasitasnya itu di pegal jalan ini, masih sangat leluasa untuk contraflow 3 lajur. Namun karena ada bottle neck jadi mengakibatkan hambatan sehingga tadi di KM 62 kemudian 66 pertemuan Cipularang Bandung ini juga ada perlambatan,” jelasnya.

Selain itu, pada jalur contraflow juga terdapat beberapa kendaraan mengalami gangguan dan berhenti di bahu jalan, yang berdampak pada kepadatan arus lalu lintas.

Contraflow juga sama ada beberapa kendaraan yang mendapatkan gangguan ya di bahu jalan tadi kita ketahui juga ada masyarakat yang ingin menuntaskan kewajibannya yang enggak bisa diwakilkan ya, ujar Irjen Pol Aan.

Menurutnya berdasarkan hasil pemantauan, setelah melewati arus KM 62 lalu lintas lancar, terjadi perlambatan di bawah flyover yang disebabkan oleh bottle neck. Kemudian dilakukan penutupan di rest area 52 untuk mengurai kepadatan. Dan setelah KM 52 sampai dengan jalanan Jakarta lancar.

“Setelah (km) 62 tadi cukup lancar, deras kemudian, ada bottle neck di bawah-bawah flyover terjadi perlambatan, kemudian rest area 52 kita tutup ya ini juga terjadi perambatan selebihnya setelah setelah (km) 52 jadi lancar ya lancar sampai dengan ke Jakarta ,”terangnya.

Saat berpatroli Irjen Pol Aan sempat berinteraksi langsung dengan pengemudi yang sedang beristirahat di bahu jalan, ia pun mengarahkan pengendara tersebut untuk ke rest area atau keluar exit tol terdekat dan beristirahat di arteri, serta tidak memaksakan berkendara saat kelelahan.

Jadi kami mengimbau masyarakat kepada para pemudik mungkin sudah lelah ya perjalanan jauh dari Jawa ke Jakarta tapi tolong jangan berhenti di bahu jalan ya silakan masuk rest area atau keluar exit tol terdekat, silakan Istirahat di arteri itu lebih lama bisa berkualitas dan istirahatnya sehingga setelah itu refresh bisa kembali masuk ke tol, jangan memaksakan untuk berkendaraan,” tutupnya. (DN)