Hari Pertama Pemberlakuan Gapeka 2025, Lebih Dari 785 Ribu Orang Gunakan Commuter Line Jabodetabek, KAI Commuter Terus Maksimalkan Layanan

Jakarta (aksi.id) menjadi hari kedua pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta (GAPEKA) 2025 yang bertepatan dengan libur akhir pekan, terpantau ramai dan lancar untuk perjalanan Commuter Line Jabodetabek. GAPEKA 2025 yang resmi dilaksanakan mulai Sabtu, 1 Februari 2025, tidak hanya mengubah pola operasional perjalanan Commuter Line, tetapi juga seluruh perjalanan kereta api, baik KA Jarak Jauh maupun KA Barang.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, menyampaikan bahwa pada hari pertama juga terpantau operasional perjalanan Commuter Line Jabodetabek berjalan lancar. “Bertepatan dengan akhir minggu, di seluruh lintas wilayah Jabodetabek, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.030 perjalanan Commuter Line yang sebelumnya 959 perjalanan. Sedangkan pada hari kerja, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 1.063 perjalanan,” jelas Joni.
Untuk perjalanan Commuter Line Basoetta pada hari pertama pemberlakuan GAPEKA 2025 ini terdapat 64 perjalanan sedangkan Commuter Line Merak 14 perjalanan. Dengan catatan volume pengguna pada hari pertama tersebut di Commuter Line Jabodetabek mencapai 785.648 orang, Commuter Line Basoetta sebanyak 4.487 orang, dan Commuter Line Merak diangka 12.881 orang.
Hari pertama penerapan GAPEKA 2025 ini juga, menunjukkan beberapa potret menarik, terutama di sentra-sentra keramaian masyarakat di
Jabodetabek. Penyesuaian jadwal perjalanan kembali harus dilakukan oleh seluruh pengguna commuter line tidak terkecuali dengan para penggiat ekonomi menuju sentra perdagangan di Tanah Abang.
Joni menambahkan, terpantau bahwa Stasiun Tanah Abang menjadi stasiun keberangkatan dengan volume pengguna terbanyak, yaitu 43.972 orang dan Stasiun Bogor sebagai stasiun tujuan dengan pengguna terbanyak, yaitu melayani 51.342 orang pengguna.
“Sedangkan untuk volume pengguna transit, di Stasiun Manggarai sebanyak 152.495 orang dan di Stasiun Tanah Abang sebanyak 124.296 orang,” tambah Joni.
Pada penyesuain perjalanan di GAPEKA 2025 ini, KAI Commuter terus melakukan evaluasi-evaluasi pada pola operasi perjalanan Commuter Line. Ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi keterlambatan perjalanan yang mungkin terjadi, di samping juga untuk peningkatan layanan pengguna khususnya di stasiun, sehingga dapat memberikan perbaikan pelayanan dari GAPEKA sebelumnya.
“KAI Commuter mengimbau kepada pengguna agar memperhatikan kembali jadwal perjalanan yang terbaru, tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak jika ikut menggunakan Commuter Line, serta menjaga barang bawaan dan mengikuti arahan petugas. Informasi jadwal terbaru bisa dilihat di website commuterline.id serta dapat mengunjungi akun resmi media sosial @commuterline atau menghubungi contact center di 021 121, Kami berkomitmen untuk memberikn layanan terbaik bagi masyarakat dengan mengutamakan keselamatan ” tutup Joni.(ahmad)
Artikel Terkait :
Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- ASDP Tindak Cepat Tangani Insiden KMP Portlink III di Pelabuhan Merak
- KAI Commuter Hadirkan Customer Loyalty Program Untuk Pengguna KMT Selama Tahun 2025, Disiapkan Hadiah Senilai Rp50 Juta
- Layanan Angkutan Kereta Api Peti Kemas Terus Diminati, KAI Logistik Luncurkan KA KALOG 3
- KAI Services Gelar Kegiatan Buka Bersama 1.500 Porter Serentak di 13 Stasiun Berbeda
- KAI Logistik Distribusikan 38.000 Ton Produk Perikanan melalui Angkutan KA Kontainer Berpendingin
- Wilayah Jabodetabek dan Merak, KAI Commuter Kerahkan 4.258 Personel Keamanan dan 116 Petugas Kesehatan untuk Menghadapi Arus Mudik Lebaran 2025
- Yuk Ikutan! KAI Services Gelar Lomba Foto Angkutan Lebaran, Hadiah Lebih dari Rp15 Juta
- Hadapi Lonjakan Angkutan Lebaran 2025, KAI Services Perkuat Tim Logistik
- KAI Logistik Pastikan Kesiapan Hadapi Lonjakan Puncak Pengiriman Idul Fitri 1446 H
- Dukung Mudik Nyaman dan Aman, KAI Logistik Berikan Diskon Pengiriman Motor Hingga 25 Persen
