KAI Commuter Luncurkan Kartu Disabilitas untuk Mudahkan Aksesibilitas dan Layanan bagi Penyandang Disabilitas

Jakarta (aksi.id) - Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi jasa layanan angkutan penumpang, KAI Commuter telah menjadi pilihan transportasi berbagai kalangan masyarakat.
Termasuk pengguna disabilitas juga terpantau cukup banyak yang menggunakan Commuter Line. Maka itu, KAI Commuter terus berinovasi dalam meningkatkan layanannya dengan menghadirkan "Kartu Disabilitas" yang diluncurkan di Stasiun BNI City, Jumat (14/2).
Kartu tersebut merupakan kartu identitas multifungsi yang dapat digunakan sebagai identitas penyandang disabilitas, di samping sebagai Kartu Multi Trip (KMT) untuk transaksi pembayaran tiket Commuter Line.
Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto, pada peluncuran Kartu Disabilitas ini, menyampaikan bahwa penambahan layanan ini merupakan konsistensi KAI Commuter dalam meningkatkan layanannya kepada pengguna, khususnya pengguna dengan disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.
"Ada banyak masukan dan saran terutama dari kalangan disabilitas sendiri yang sehari-hari aktif menggunakan Commuter Line. Kami mendapatkan catatan adanya penyandang disabilitas yang seharusnya jadi prioritas, luput dari pantauan sesama penumpang dan juga petugas," kata Asdo, menerangkan.
Menurutnya, hal ini terjadi karena penumpang disabilitas tidak semuanya leluasa mengomunikasikan kondisinya. "Lantaran kalangan disabilitas ini juga ada beragam, selain disabilitas fisik juga sensorik, dari down syndrome, cerebral palsy, sampai ketidakmampuan melihat dan bicara. Maka KAI Commuter berupaya memastikan mereka pun terlayani maksimal dengan menghadirkan Kartu Disabilitas ini,” jelas Asdo.
Asdo juga menambahkan bahwa peningkatan layanan ini juga sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang penyandang disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.
"Jadi kami berharap agar Commuter Line lebih _accessible_ atau dapat terakses oleh semua kalangan, termasuk penumpang disabilitas pun nantinya bisa leluasa bepergian dengan Commuter Line," Asdo menambahkan. "Kami ingin ekosistem moda transportasi ini jadi lebih inklusi, sehingga semua bisa terlayani."
Nantinya, pengguna disabilitas akan mendapatkan Kartu Disabilitas yang bisa diperoleh dengan mendaftarkan dan registrasi secara online melalui tautan https://shorturl.at/YSm6. Kemudian, akan dihubungi petugas untuk proses pengambilan Kartu Disabilitas di Stasiun Bogor, Juanda, Sudirman, Tanah Abang, Duri, dan Stasiun Bekasi.
Sebelumnya, KAI Commuter juga telah meluncurkan layanan khusus disabilitas di nomor 081296605747 yang sudah ada sejak akhir tahun 2019. Dengan menghubungi nomor tersebut, pengguna dengan disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan Commuter Line.
Tercatat, sepanjang tahun 2024 lalu, pengguna dengan disabilitas yang menggunakan fasilitas tersebut sebanyak 883 pengguna. Angka tersebut meningkat 19% dari total pengguna disabilitas dalam menggunakan fasilitas tersebut pada tahun 2023 yaitu sebanyak 741 pengguna.
“KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk bisa saling peduli dengan memberikan kursinya bagi pengguna berkebutuhan khusus, seperti disabilitas dan para penumpang prioritas pada umumnya,” Asdo memberikan imbauan.(ahmad)
Artikel Terkait :
Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Dukung Ketahanan Pangan Nasional, KAI Logistik Optimalkan Distribusi Produk Aqua
- Wujudkan Lapangan Kerja Berkualitas, KAI Logistik Buka 3 Lowongan di Rekrutmen Bersama BUMN 2025
- KAI Commuter Kembali Terima Kedatangan Dua Trainset Sarana KRL Baru
- Mudik Lebih Nyaman, KAI Services Sajikan Layanan Buka Puasa dan Sahur dalam Perjalanan di Kereta
- KAI Wisata Hadirkan Kemeriahan Ramadan di Museum Kereta Api Ambarawa dan Lawang Sewu
- Borong 27 Penghargaan ASQ Awards 2024, 10 Bandara InJourney Terpilih Customer Experience Terbaik di Asia Pasifik
- Perjalanan Mudik Lebaran Mewah dengan KA Wisata Java Priority, Harga hanya Rp 499 Ribu
- Jakarta With Love Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni 600 Anak Yatim dan Dhuafa di Ramadhan 2025
- Jasa Raharja Bekasi Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat di Titik Rawan Kecelakaan Lalu-Lintas
- Layanan Limbah B3 KAI Logistik Terus Tumbuh Signifikan Hingga Februari 2025
