Terus Meningkat, KAI Commuter Layani 93,7 Juta Lebih Pengguna Pada Triwulan Pertama 2025
Foto istimewa
Jakarta (aksi.id) - KAI Commuter terus menunjukkan capaian kinerja yang positif. Tercatat pada triwulan pertama tahun 2025, KAI Commuter telah melayani total pengguna di seluruh wilayah operasional sebanyak 93.773.926 orang. Terdapat peningkatan sebesar 7% dibandingkan triwulan pertama 2024, yang tercatat sebanyak 87.874.720 orang.
“Melihat dari peningkatan angka tersebut, hal ini mencerminkan bahwa transportasi Commuter Line sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena merupakan transportasi yang terjangkau dan efisien,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus.
Joni menjelaskan bahwa dari total volume pengguna pada triwulan pertama ini, sebanyak 87,5% atau sebanyak 82.114.334 orang merupakan pengguna layanan Commuter Line Jabodetabek. Angka tersebut meningkat 6% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu sebanyak 77.476.906 orang. “Sedangkan untuk layanan Commuter Line Basoetta pada triwulan pertama tahun 2025, tercatat volume pengguna sebanyak 517.114 orang,” ujar Joni.
Sementara itu, untuk capaian volume pengguna pada layanan Commuter Line di wilayah lainnya pada triwulan pertama tahun 2025, kami rangkum sebagai berikut:
1. Commuter Line Merak sebanyak 1.014.945 orang atau meningkat 3,5% dibandingkan periode tahun 2024, yang tercatat sebanyak 979.989 orang.
2. Commuter Line di Wilayah 2 Bandung sebanyak 4.334.904 orang atau meningkat 21,36% dibandingkan periode tahun 2024, yang tercatat sebanyak 3.572.036 orang.
3. Commuter Line di Yogyakarta-Palur sebanyak 1.864.803 orang atau meningkat 10,82% dibandingkan periode tahun 2024, yang tercatat sebanyak 1.682.723 orang.
4. Commuter Line di Prameks sebanyak 238.260 orang atau meningkat 16% dibandingkan periode tahun 2024, yang tercatat sebanyak 205.375 orang.
5. Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya sebanyak 3.689.566 orang atau meningkat 7,48% dibandingkan periode tahun 2024, yang tercatat sebanyak 3.432.759 orang.
Pada triwulan pertama tahun ini, juga terdapat perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2025. Saat ini terdapat sebanyak 1.291 perjalanan Commuter Line di seluruh wilayah, yang sebelumnya pada GAPEKA 2023 hanya tercatat sebanyak 1.282 perjalanan.
Penggunaan Commuter Line ini juga merupakan upaya untuk mendorong perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih ramah lingkungan, karena transportasi massal ini merupakan salah satu solusi dalam menekan emisi karbon dan kemacetan. Selain itu, layanan Commuter Line juga sudah terintegrasi dengan layanan transportasi lainnya, seperti KA Jarak Jauh, LRT, MRT, serta transportasi darat lainnya.
KAI Commuter mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah menjadikan Commuter Line sebagai bagian dari gaya hidup mereka dalam menggunakan transportasi. “Sesuai dengan visi perusahaan, yaitu menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban melalui pengelolaan transportasi perkotaan terbaik di Indonesia, KAI Commuter terus meningkatkan layanan kepada seluruh penggunanya,” tutup Joni.(ahmad)
Artikel Terkait :
Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Presiden Prabowo Resmikan Stasiun Tanah Abang Baru, Simbol Modernisasi Transportasi Ibu Kota
- Wujud Nyata Kepedulian Polri `Lantas Polres Metro Bekasi Kota`
- Stasiun Tanah Abang sebagai Simpul Transportasi dan Perdagangan, Dirut KAI Commuter Sampaikan Terima Kasih Kepada Presiden Prabowo dan semua Stakeholders
- Memasuki Musim Hujan, KAI Services Siagakan Ribuan Personel dan Peralatan Canggih
- Polsek Bekasi Barat Sebar Anggota di Titik Rawan Kemacetan
- Kepadatan Terjadi di Tol Jakarta-Cikampek Arah Cikarang, Didominasi Truk Bermuatan Barang
- Tanggap dan Sigap, Polisi Bantargebang Urai Kemacetan Hingga Arus Kembali Lancar
- Korlantas Polri Dorong Modernisasi Lalu Lintas Lewat Pelatihan Aplikasi E-Turjawali untuk 34 Polda
- Polsek Jajaran Polres Kepulauan Seribu Gencarkan Siskamling di Pulau-Pulau Penduduk, Kapolres Tekankan Kewaspadaan Cuaca Buruk
- Kapolda Metro Jaya Apresiasi Kejujuran Siswa SD di Cipayung