KAI Commuter Konsisten Tunjukkan Tren Positif, Layani 32 Juta Lebih Pengguna Commuter Line Pada April 2025

Jakarta (aksi.id) – KAI Commuter konsisten menunjukkan tren capaian volume pengguna yang positif. Data per April 2025 mencatat jumlah pengguna sebanyak 32.293.111 orang. Meningkat 9% jika dibandingkan dengan April 2024 lalu, yang mencapai angka 29.613.987. Sepanjang tahun 2025 hingga 30 April ini, KAI Commuter juga sudah melayani total pengguna Commuter Line sebanyak 125.818.020 orang. Angka ini pun meningkat 7,1% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2024, yaitu sebanyak 117.488.707 orang.
Manager Public Relations, Leza Arlan, menyampaikan bahwa tercatat peningkatan tertinggi pada volume pengguna Commuter Line di Wilayah 2 Bandung yang meningkat sebesar 20,16% atau sejumlah 6.089.648 orang jika dibandingkan dengan periode tahun lalu, yang sebanyak 5.068.094 orang.
“Sementara itu, untuk capaian volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sepanjang 2025 ini sebanyak 109.446.180 orang atau meningkat 6,24% jika dibandingkan dengan periode 2024, yang sebanyak 103.019.965 orang,” Leza menjelaskan.
Tren positif ini juga terlihat pada volume pengguna Commuter Line Merak yang juga meningkat 5,1% jika dibandingkan dengan tahun 2024, atau total sebanyak 1.428.838 orang.
Tak ketinggalan, Wilayah 6 Yogyakarta juga tercatat mengalami peningkatan. Untuk layanan Commuter Line Yogyakarta-Palur tahun ini tercatat sebanyak 2.706.351 orang atau meningkat 14,1% jika dibandingkan dengan tahun 2024, yang sebanyak 2.370.192 orang. Hal yang sama juga tercatat pada capaian volume pengguna Commuter Line Prameks, dengan peningkatan 11,6% atau total sebanyak 240.867 orang.
Sedangkan untuk capaian volume pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya, peningkatan volume pengguna sepanjang 2025 tercatat sebanyak 10% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2024, atau tercatat total sebanyak 5.101.392 orang.
"Peningkatan pengguna Commuter Line ini juga merupakan salah satu perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih ramah lingkungan, karena transportasi massal ini merupakan salah satu solusi dalam menekan emisi karbon dan kemacetan," kata Leza lagi. Selain itu, menurutnya, kemudahan-kemudahan yang diberikan KAI Commuter dalam menggunakan layanan Commuter Line semakin memudahkan masyarakat. Transportasi ini juga sudah terintegrasi dengan layanan transportasi lainnya, seperti KA Jarak Jauh, LRT, MRT, serta transportasi darat lainnya.
KAI Commuter mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah menjadikan Commuter Line sebagai bagian dari gaya hidup mereka dalam menggunakan transportasi. “Sesuai dengan visi perusahaan, yaitu menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban melalui pengelolaan transportasi perkotaan terbaik di Indonesia, KAI Commuter terus meningkatkan layanan kepada seluruh penggunanya,” tutup Leza.(ahmad)
Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Commuter Line Jabodetabek Catat Hampir 800 Ribu Pengguna per Hari
- KAI Logistik dan PT NX Logistics Indonesia Berkolaborasi Wujudkan Green Logistics Melalui Angkutan Kereta Api
- KAI Wisata Perluas Layanan WISER ke Stasiun Surabaya Pasar Turi
- 10 Bandara InJourney Airports Raih Penghargaan Pelayanan Prima dari Kemenhub
- AirNav Indonesia Luncurkan Sistem Pemanduan Pesawat Berbasis Surveillance di Papua
- Warga Purwakarta Sambut Baik KAI Services Menjadi Pengelola Parkir Resmi di Area Parkir Stasiun Purwakarta
- Yuk Kunjungi Loko Cafe Semarang Tawang, Ada Vibes Enak, Cozy, dengan Arsitektural Gedung Modern Industrial
- Cegah dan Tangkal, Pekerja Migran Non Prosedural
- Ciptakan Perjalanan Nyaman, KAI Services Siap Berikan Pelayanan di Libur Panjang Akhir Mei
- Unit Satlantas Polres Metro Bekasi Kota Edukasi Pengemudi Bus Soal Tertib dan Disiplin Berlalu Lintas
