INDONEWS.ID

  • Rabu, 12/05/2021 06:13 WIB
  • Band Naif Resmi Bubar Setelah 25 Tahun Berkarya, Ini Fakta-faktanya

  • Oleh :
    • Redaksi
Band Naif Resmi Bubar Setelah 25 Tahun Berkarya, Ini Fakta-faktanya
Band Naif [Instagram]

Aksi.id - Band Naif dinyatakan bubar setelah 25 tahun berkarya. Hal ini disampaikan oleh sang vokalis, David Bayu tak lama setelah dua personelnya, Emil dan Pepeng memutuskan untuk hengkang.

David Bayu mengumumkan bubarnya Naif pada Senin (10/2/2021) lewat kanal YouTube miliknya.

"Bubar? Kayak suatu kumpulan, tercerai berai, memisahkan diri. Menjawab bubar atau gimana, ya bubar ya. Ya, bisa dibilang masuk kategori bubar," kata David Bayu.

Malang melintang di dunia musik Indonesia sejak 1995, simak sederet fakta Band Naif  berikut ini.

1. Penyebab bubarnya Naif

Meski tak merinci secara pasti, namun David Bayu sempat menyinggung soal masalah internal yang ada di tubuh Naif.

David Bayu tak memungkiri ada beberapa faktor. Salah satunya adalah masalah internal dalam band yang tahun ini menginjak usia 26 tahun.

"Masalah harus ada, masalah internal selalu ada. Jangan pernah bilang nggak ada masalah. Mati aja ada masalah. Kami ini kalau dibilang masalah, ada," ujarnya.

Selain masalah internal, pandemi virus corona juga menjadi faktor pemisah di antara para personelnya.

"Semenjak pandemi Covid-19 terjadi pemisahan di mana-mana, bahkan berdampak ke Naif. Yang gue rasain, ada pemisah. Gue melihatnya seperti lagi diayak," tuturnya.

2. Rencana bubar muncul sejak 2020

David Bayu mengumumkan Grup Band Naif bubar.[YouTube/David Bayu Tube]
David Bayu mengumumkan Grup Band Naif bubar .[YouTube/David Bayu Tube]

Penyanyi berusia 44 tahun ini menyebut keinginan bubar telah dirasakan Naif sejak Oktober 2020. Kala itu ia sempat ingin mengumumkan kepada khalayak.

"Udah, 25 tahun kita umumkan udahan. Cukup untuk kita kasih tahu ke kawan-kawan, membubarkan diri. Namun ada satu hal yang Emil kalau nggak salah ngomong `Jangan, nanti malah menjadi sorotan publik.`,"kata David Bayu.

Maka dari itu setiap ditanya siapapun soal kabar Naif, David Bayu akan memilih kata vakum ketimbang bubar.

"Karena Emil udah ngomong keluar dari Naif, yaudah gue juga ngomong juga deh," ucapnya.

3. Tampil tanpa set list

Memasuki era milenial, David dan para personel Naif lainnya mengaku tidak pernah membawa daftar lagu yang kala manggung. Sebab, karya mereka banyak dikenal publik.

4. Tetap jadi keluarga meski bubar

Meski sudah bubar, David Bayu menegaskan kekeluargaan diantara para personelnya tidak akan hilang. Apalagi mengingat empat personel ini yang membentuk band Naif semasa mereka kuliah di IKJ, 1995.

"Persaudaraan yang nggak mau gue hilangkan, nggak masalah Naifnya nggak ada," tandas penyanyi 44 tahun ini.

5. Nama Naif bukan berasal dari personel band

Band Naif [Instagram]
Band Naif [Instagram]

Alih-alih merupakan ide dari anggota band, nama Naif rupanya berasal dari salah satu teman kuliah David Bayu yang bernama Anjas Setio Asmoro alias Dodot.

5. Personel Band Naif tak tahu kalau David sudah menikah

David Bayu rupanya merupakan orang yang tertutup. Sebelumnya, para personel tak mengetahui jika sang vokalis sudah menikah dengan Shilla Delila pada 2000 silam.

Pernikahan David baru diketahui oleh Emil, Jarwo, dan Pepeng setelah sang vokalis telah memiliki dua anak.

Itulah sederet fakta-fakta band Naif yang telah berkarya selama 25 tahun. Apa lagu favoritmu dari band ini?

(ny/Sumber: Suara.com)

Artikel Terkait

Artikel Terbaru