press enter to search

Rabu, 22/01/2020 12:53 WIB

Rossi `Murka` dengan Performa Motor Yamaha 2017

Prima | Senin, 13/11/2017 12:50 WIB
Rossi `Murka` dengan Performa Motor Yamaha 2017 Valentino Rossi

JAKARTA, [aksi.id] -- Tampak terlihat kekecewaan dari wajah Valentino Rossi seusai mengikuti kualifikasi MotoGP di Valencia sirkuit Ricardo Tormo.

Juara dunia sembilan kali ini `murka` dengan performa motor Yamaha M1 2017 yang digunakannya kembali memperlihatkan ketidakkonsistenan pada musim 2017.

Akibat dari performa motornya yang tidak baik, Rossi pun harus start ketujuh pada balapan di sirkuit Valencia. Rossi hanya bisa mengukir waktu terbaik 1 menit 30,848 detik.

Catatan ini tertinggal hampir satu detik dari Marc Marquez(Repsol Honda) yang meraih pole position. Buruknya daya cengkeram ban Yamaha YZR-M1 2017 jadi penyebab The Doctor, julukan Rossi, tertatih-tatih pada sesi kualifikasi.

Masalah tersebut bukan kali ini saja terjadi. Pada balapan di Jerez dan Barcelona, beberapa waktu lalu, persoalan serupa juga menghambat Rossi dan juga rekan setimnya, Maverick Vinales, tampil prima.

"Mungkin saya sedikit frustasi karena saya sudah tahu masalah ini sebelumnya!" kata Rossi, dikutip dari Crash, Minggu (12/11/2017).

"Pada akhirnya, dengan motor ini saya tidak pernah merasa nyaman dari tes pertama. Kami selalu mencoba, mencoba, dan mencoba dengan banyak hal berbeda."

"Di trek Valencia ini kami kelihatannya sangat menderita. Saya dikendarai, Anda tidak bisa cukup percaya diri untuk menekan 100 persen."

"Sangat penting untuk memahami sangat cepat untuk mencoba cara lain pada tahun depan. Kami telah banyak beri masukan kepada teknisi di Jepang. Kelihatanya situasinya juga telah disadari mereka dan saya berharap kami bisa lebih baik tahun depan," ujar Rossi.

Lebih lanjut, Rossi mengatakan tidak menutup kemungkinan akan kembali menggunakan motor Yamaha 2016 pada tes di Valencia pekan ini.

Kondisi itu menyusul performa Yamaha 2016 yang lebih baik. Seperti yang ditunjukan pebalap tim satelit Yamaha, Johann Zarco, pada sesi kualifikasi di Valencia kemarin.

Zarco sukses mengukir waktu 1 menit 30,246 detik dan menempati start kedua, atau terpaut 0,349 detik dari Marquez.

"Kami akan bicara mengenai tes (di Valencia) setelah balapan...Buat saya, bukan ide buruk mencoba (menggunakan motor tahun 2016). Kenapa tidak? Saya belum tahu apakah itu mungkin dilakukan saat tes di sini, tapi bisa jadi," tambah Rossi.