press enter to search

Minggu, 05/04/2020 11:10 WIB

MotoGP 2018 Rossi Lebih Fokus pada Mesin Motor

Prima | Sabtu, 18/11/2017 17:20 WIB
MotoGP 2018 Rossi Lebih Fokus pada Mesin Motor Valentino Rossi

JAKARTA, [aksi.id] -- Tes pramusim pertama MotoGP 2018 di Valencia telah selesai. Pada tes yang berlangsung pada selesa (14/11/2017) dan Rabu (15/11/2017) tim-tim secara bergantian menjajal sasis sampai mesin motor baru yang akan mereka gunakan pada musim 2018 nanti.

Salah satu tim yang konsisten turun di Sirkuit Ricardo Tormo dengan motor anyar adalah Yamaha. Dua hari beruntun para pebalap mereka turun menjajal motor baru itu, termasuk sang jagoan, Valentino Rossi.

Dua hari turun, Rossi mencatat hasil yang lumayan baik. Pada hari pertama ia menjadi pebalap tercepat keempat, lalu pada hari berikutnya ia menjadi pebalap tercepat ketujuh. Pria Italia itu juga sempat mengalami crash di hari pertama.

Tapi yang jadi sorotan Rossi dari dua balapan itu bukan soal crash dan ada di posisi berapa catatan waktunya. Pria 38 tahun itu menilai yang terpenting dari tes di Valencia itu adalah soal bagaimana dia beradaptasi dengan motor baru.

Dan kali ini, sorotannya mengarah kepada mesin baru Yamaha yang akan digunakannya pada musim 2018 nanti. Rossi menilai kalau mesin anyar ini memiliki lebih banyak tenaga tanpa kehilangan karakter halus dari bagian bawah (bagian rpm).

"Kami harus memutuskan dan menguji dnegan baik beberapa mesin yang berbeda, jadi kami berkonsentrasi pad itu. Karena tes ini adalah tes penting, Anda tidak bisa melakukan kesalahan. Lebih baik memiliki motor yang sama untuk memahami mesinnya. Hari sangat panjang, tapi itu positif," kata Rossi dilansir Crash.

Juara MotoGP tujuh kali itu sebelumnya juga kurang puas dengan sasis baru motor Yamaha. Dia bahkan mengungkapkan kalau sasis motor di musim 2016 lalu jauh lebih baik. Karena itu, dia berharap ketidaksesuaian sasis dan mesin ini bisa segera terselesaikan.

Rossi berharap Yamaha sudah menemukan setelan motor baru yang sempurna saat tes pramusim MotoGP 2018 yang kedua digelar pada 28-30 Januari mendatang di Sirkuit Sepang, Malaysia. Karena dia tentu tak ingin masalah-masalah pada motor yang menghantuinya sepanjang musim 2017, terulang di musim depan.

"Saya berharap semuanya akan segera siap, karena bagi saya Yamaha harus melakukan pekerjaan lama soal keseimbangan motor," pungkasnya. [Kumparan].