press enter to search

Kamis, 24/05/2018 01:41 WIB

Ini Dia Kebiasaan Buruk Saat Pagi Bisa Bikin Berat Badan Meroket

Redaksi | Sabtu, 12/05/2018 08:19 WIB
Ini Dia Kebiasaan Buruk Saat Pagi Bisa Bikin Berat Badan Meroket

JAKARTA (aksi.id) - Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Selain mengatur pola makanan, diet atau olah raga. Apalagi Anda masih melakukan kebiasaan keliru pada pagi hari yang dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan.

Ingat, lo, aktivitas dalam memulai hari ternyata berpengaruh dalam menjaga berat badan tetap ideal.

Berikut ini kebiasaan keliru pada pagi hari yang masih sering dilakukan, dan dapat menyebabkan berat badan bertambah:

Tidak minum air putih

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah memulai hari dengan segelas atau dua gelas air hangat.

Dengan meminum air hangat, akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Disamping itu, minum air hangat membantu mengurangi napsu makan dan asupan kalori dalam tubuh.

Untuk itu hindari tidak minum air putih di pagi hari karena berpotensi membuat berat badan melonjak.

Mengonsumsi makanan olahan

Pikirkan ulang jika Anda ingin makanan olahan untuk sarapan, karena akan menghambat penurunan berat badan.

Daripada makan makanan yang digoreng, sebaiknya gantilah dengan makanan sehat seperti buah-buahan, oatmeal, kacang-kacangan dan sereal dengan susu rendah lemak.

Melewatkan sarapan

Tidak sarapan adalah kesalahan lain yang dapat membuat berat badan meningkat, mengacaukan metabolisme tubuh dan memperlambat proses pembakaran lemak tubuh.

Dengan sarapan, Anda tak akan makan berlebihan pada waktu makan berikutnya dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Tidak mendapatkan cukup sinar matahari

Penelitian menemukan, bahwa sinar ultraviolet dari matahari pagi akan memberikan energi bagi tubuh dan meningkatkan aktivitas metabolik tubuh.

Tidak berolahraga

Melakukan latihan ringan pada pagi hari seperti berjalan, berlari atau jogging dapat membantu membakar lebih banyak kalori, serta berpotensi mencegah berat badan bertambah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu seseorang membakar lebih banyak lemak tubuh dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Terlalu banyak tidur

Beristirahat cukup selama delapan jam baik untuk kesehatan, namun tidur lebih dari 10 jam akan meningkatkan indeks massa tubuh.

Akibatnya, Anda akan melewatkan sarapan dan cenderung makan berlebihan pada waktu makan berikutnya.

Menunda sarapan

Melewatkan sarapan buruk untuk dilakukan, tak ada bedanya dengan menunda waktu sarapan.

Perut yang kososng akan membuat seseorang kurang bergairah, menyebabkan peradangan dan gejala gastritis.

Dengan demikian, segera sarapan satu jam setelah bangun tidur sangat dianjurkan untuk memulai hari yang sehat.

Menghindari asupan protein

Protein nyatanya akan membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga menghindainya justru akan meningkatkan berat badan.

Penelitian menunjukkan, bahwa sarapan dengan makanan yang mengandung protein tinggi dan sedikit lemak efektif meminimalkan rasa lapar yang berlebihan. 

(an/Sumber: Nakita.grid.id)