press enter to search

Jum'at, 17/08/2018 23:34 WIB

Jutaan Ton Sampah Plastik Cemari Laut

| Rabu, 01/08/2018 01:01 WIB
Kantong plastik di lautan. Kantong plastik susah diurai akibatnya akan membawa banyak masalah hingga ratuisan tahun (Getty Images: Paul Kennedy)

MELBOURNE (aksi.id) - Di tahun 2010 tercatat manusia telah membuang lebih dari 8 juta ton sampah plastik, kebanyakan kantong dan botol plastik, ke lautan.

Diperkirakan dalam waktu delapan tahun jumlah ini telah meningkat dan lebih dari 6.300 ton sampah plastik mengapung di permukaan laut.

Sampah di lautan tidak hanya berada di permukaan atau dasar laut, tapi juga telah melilit hewan-hewan di dalam dan sekitar perairan.

Sejumlah pengamat mengatakan manusia telah menjadi pembunuh kejam terhadap kehidupan perairan dengan mengakhiri kehidupan keanekaragaman hayati lautan dengan benda-benda plastik. Benda-benda plastik ini tak lain adalah hasil temuan terbesar umat manusia.

Banyaknya sampah di permukaan laut juga telah mencemari pantai-pantai, yang dibawa ombak.

Apakah kita, anak-anak dan cucu kita, masih ingin berlibur ke pantai yang bersih di masa depan? Jika iya jawabannya, maka kita perlu mengubah gaya hidup ketergantungan dengan benda-benda plastik.