press enter to search

Rabu, 22/01/2020 12:43 WIB

Bos Alibaba Temui Jokowi & Bahas Peta Jalan E-commerce Indonesia

| Sabtu, 01/09/2018 18:51 WIB
Bos Alibaba Temui Jokowi & Bahas Peta Jalan E-commerce Indonesia Presiden Jokowi bertemu dengan kelompok bisnis Alibaba Grup bersama pendirinya Jack Ma di Bogor yang membahas penguatan SDM dan ekspor ke China. Foto/Dok Setkab

JAKARTA -(akso.is) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan kelompok bisnis Alibaba Grup bersama pendirinya Jack Ma terkait pelaksanaan Asian Games selanjutnya tahun 2022 yang akan digelar di Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

“Jack Ma datang ke Indonesia untuk besok mengikuti penutupan Asian Games karena Tahun 2022 tuan rumah Asian Games adalah Hangzhou, kota di mana Alibaba atau Jack Ma tinggal,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara usai mendampingi Presiden menerima kelompok bisnis Alibaba di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, seperti dilansir laman resmi Setkab Sabtu (1/9/2018). 

Pada kesempatan ini, lanjut Menkominfo, juga dimanfaatkan pertemuan dengan Jack Ma karena kapasitasnya yang sekaligus sebagai Advisor dari steering committee tentang peta jalan e-commerce di Indonesia.

“Ada beberapa tadi yang mengemuka dalam pembahasan tersebut, yang pertama adalah masalah talent, sumber daya manusia (SDM),” ujar Rudiantara.

Mengenai SDM, Menkominfo menyampaikan bahwa SDM tersebut dilihat juga bagaimana untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Tadi kami usulkan juga untuk membuat semacam Jack Ma Institut di Indonesia untuk pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Talent-talent yang dibutuhkan, menurut Menkominfo, berasal dari Unicorn yang kadang justru mengambil dari Bangalore, India, dan luar negeri lainnya.

Dalam perkembangannya, Menkominfo menyampaikan bahwa talent ini bukan hanya diambil dari dalam negeri, tapi bagaimana menjadikan Indonesia sebagai pusat pasar talent untuk negara-negara di regional.

Keyword Alibaba Jack Ma