press enter to search

Selasa, 25/09/2018 12:46 WIB

KPLP Banggai Bersama Tim SAR Evakuasi Penumpang Kapal Fungka Permata V yang Terbakar

Redaksi | Sabtu, 15/09/2018 07:33 WIB
KPLP Banggai Bersama Tim SAR Evakuasi Penumpang Kapal Fungka Permata V yang Terbakar Ilustrasi kapal terbakar

BANGGAI (aksi.id) - Kapal penumpang Fungka Permata V yang dikabarkan terbakar di perairan Banggai, Sulawesi Tengah kemarin (14/9/2018), mendapat respon cepat dari Kapal Kesatuan dan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Banggai bersama dengan tim SAR lainnya yang melakukan proses evakuasi hingga pagi ini (15/9/2018).

Kapal terbakar dan akhirnya tenggelam itu berada pada posisi 2° 0`41.67" S - 123° 22"37.66" E. Kapal memerolej Surat Persetujuan Berlayar (SPB) Kapal Fungka Permata V dari UPP Raha dengan tujuan Pelabuhan Banggai.

"Evakuasi penumpang telah dilakukan tim SAR sejak semalam pukul 19.30 WITA menggunakan kapal Apollo Express," jelas Kepala Kantor UPP kelas III Banggai, Hopreit Balirangen

Pihaknya mengerahkan satu kapal KPLP untuk ikut mengevakuasi para penumpang kapal Fungka Permata V yang terbakar tersebut.

Hingga pukul 03.00 WITA dari laporan yang diterimanya, jumlah korban yang berhasil dievakuasi dengan selamat sebanyak 126 orang dan korban yang meninggal berjumlah 10 orang, terdiri dari 8 dewasa dan dua balita. Adapun sebagian besar korban selamat menggunakan life jacket.

Hopreit mengatakan, lokasi kecelakaan Kapal yang dinakhodai Andi Sulistiono dengan rute pelayaran Bau Bau-Raha-Banggai -Taliabu-Sanana tersebut memerlukan waktu empat jam.

Kondisi ombak dilaporkan cukup besar dan memerlukan waktu lebih panjng untuk mencapai lokasi kecelakaan tersebut. Kapal Fungka Permata V GT 221 itu berkapasitas sebanyak 235 orang.

"Para korban telah dievakuasi ke Pulau Togong Sagu dan saat ini telah diberangkatkan ke Pelabuhan Banggai yang diperkirakan akan tiba pukul 09.00 WITA. Selanjutnya, kami terus melakukan pencarian serta penyisiran di lokasi jika masih ada korban yang belum terevakuasi. Semoga penumpang kapal tersebut segera bisa ditemukan seluruhnya," tutur Hopreit.

Unsur SAR yang terlibat dalam proses evakuasi disamping UPP Kelas III Banggai adalah unsur Kantor SAR Palu, TNI Banggai laut, Polsek Bangkurung, KP3 Balut, BPBD Balut serta masyarakat maritim setempat. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-