press enter to search

Kamis, 15/11/2018 05:37 WIB

Sidak ke Kapal Perintis KM EL No. 3 di Manokwari, Irjen: Tak Manusiawi Dalam Mengangkut Penumpang

| Kamis, 08/11/2018 21:17 WIB
Sidak ke Kapal Perintis KM EL No. 3 di Manokwari, Irjen: Tak Manusiawi Dalam Mengangkut Penumpang Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wahju Satrio Utomo menginspeksi satu kapal perintis di Pelabuhan Manokwari, Papua Barat, Rabu (8/11/2018).

MANOKWARI (aksi.id) - Menjelang matahari tenggelam, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wahju Satrio Utomo menginspeksi satu kapal perintis di Pelabuhan Manokwari, Papua Barat,  Kamis (8/11/2018).

Didampingi Inspektur IV Itjen Imam Hambali dan Inspektur V Itjen Heri Sudarmaji, Wahju Satrio Utomo di dermaga memperhatikan postur kapal yang sebagian palkanya tertutup tenda biru.

Dia lalu memutuskan naik ke atas kapal, yang tengah sandar itu. Di palka kapal dilihatnya bagian dalam tenda biru. Ternyata tersapat sejumlah barang kebutuhan pokok dan sejumlah penumpang.

Penumpang kapal yang sioperasikan Luas Line itu tidur di hamparan beralaskan plastik biru di atas palka berbentuk cembung. Di kanan dan kiri terdapat pembatas dari tambang.

"Tidak manusia bila penumpang tidur gelaran seperti ini," tutur Wahju Satrio Utomo kepada nakhoda Capt. Suwandi.

Mantan Kepala BPSDM Perhubungan Kemenhub itu juga mempertanyakan tentang peralatan keselamatan, termasuk life jacket dan liferaft.

Nakhoda menyatakan seluruh alat keselamatan tersedia. Sedangkan mengenai kenyamanan penumpang, akan dikaji lagi sehingga penumpang dapat nyaman selama pelayaran.

 

Kepala Kantor Kessyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manokwari Marcus mengemukakan kapal tersebut merupakan armada pengganti karena kapal utama milik negara yakni KMP Kasuari Pasifik IV sedang dock.

Dia menjelaskan maskapai yang memenangkan tender operator kapal perintia KMP Kasuari Pasifik IV berkewajiban menyediakn kapal pengganti dan milik sendiri bila kapal milik negara memgalami kerusakan. (awe).