press enter to search

Rabu, 08/05/2024 08:49 WIB

Kapal Mujur Indah Terbakar di Perairan Sibolga, Nakhoda & Seorang ABK Hilang

| Kamis, 14/02/2019 19:09 WIB
Kapal Mujur Indah Terbakar di Perairan Sibolga, Nakhoda & Seorang ABK Hilang Ilustrasi kapal terbakar

SIBOLGA (aksi.id) - Satu kapal pencari teripang terbakar di perairan barat Sumut. Dua nelayan hilang dan lainnya terluka dalam kejadian ini.

Berdasarkan informasi dihimpun, kapal yang terbakar yakni KM Mujur Indah. Kapal dengan 4 awak pencari teripang itu terbakar ketika berada di perairan Pulau Bintuna atau sekitar 38 mil dari Kota Sibolga.

"Kejadian itu pada tanggal 12 Februari 2019 sekitar pukul 15.00 Wib," kata Letkol Laut (P) Fajar Priyanto, Danlanal Sibolga, di Mako Lanal Sibolga, Kamis (14/2/2019).

KM Mujur Indah terbakar dipicu gas elpiji. Kapal itu diduga sempat meledak. Setelah kapal terbakar, nelayan lain langsung memberikan pertolongan. Dua anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke Sibolga pada pukul 23.00 Wib. Keduanya mengalami luka bakar.

Kedua ABK yang telah diselamatkan yakni: Saifansyah Siregar (ABK) yang menderita luka bakar 50 persen pada badan bagian depan, dan Azyun Amri Baeha (ABK), mengalami luka bakar 10 persen pada bagian tangan.

Dua nelayan lainnya dinyatakan hilang yakni Kardiman Nazara (nakhoda) dan Nazar Naupal (ABK). Keduanya masih dalam pencarian. Sedang kita lakukan operasi SAR," sebut Fajar.

Operasi gabungan masih berlangsung dan sudah berlangsung 2 hari. KAL Mansalar milik Lanal Sibolga turut dikerahkan. "Pada hari pertama kegiatan SAR ditemukan indikasi bangkai kapal," jelas Fajar.

(via/sumber: merdeka.com).

Keyword Kapal Terbakar