press enter to search

Selasa, 20/10/2020 10:22 WIB

Separuh Anggota Kongres Amerika Merupakan Warga Supertajir

Ahmad Bashori | Sabtu, 16/02/2019 16:49 WIB
Separuh Anggota Kongres Amerika Merupakan Warga Supertajir Setidaknya 268 dari 534 anggota mempunyai nilai kekayaan bersih sedikitnya US$1 juta atau sekitar Rp11,8 miliar pada 2012.

WASHINGTON (aksi.id) - Untuk kali pertama  separuh jumlah anggota Kongres Amerika Serikat tercatat sebagai miliuner, menurut analisis kekayaan.

Setidaknya 268 dari 534 anggota mempunyai nilai kekayaan bersih sedikitnya US$1 juta atau sekitar Rp11,8 miliar pada 2012.

Data yang dikeluarkan oleh Center for Responsive Politics (CRP) menunjukkan anggota Kongres dari Demokrat lebih kaya dibanding politikus Republik.

Anggota Kongres paling kaya adalah politikus Republik Darrell Issa. Politikus asal California ini dilaporkan mempunyai kekayaan bersih US$598 juta.

Sumber penghasilan terbesar Issa dikatakan berasal dari perusahaannya yang menjual sistem antipencurian mobil.

Direktur CRP Sheila Krumholz mengatakan masyarakat masih cenderung memilih wakil rakyat yang kaya raya untuk mewakili mereka di Washington.

Selain itu, lanjutnya, kampanye pemilihan memerlukan dana besar.

Adapun anggota Kongres paling miskin adalah politikus Republik asal California, David Valadao.

Valadao menanggung utang sebesar US$12 juta, sebagian besar utang dari ladang peternakan milik keluarganya.

Analisis data kekayaan ini dikeluarkan ketika para wakil rakyat Amerika Serikat membahas upah minimum dan tunjangan pengangguran.

(lia/sumber: BBC Indonesia).