press enter to search

Sabtu, 19/10/2019 09:22 WIB

Kereta Cepat India yang Baru Diresmikan, Rusak `Karena Menabrak Sapi`

Redaksi | Minggu, 17/02/2019 17:17 WIB
Kereta Cepat India yang Baru Diresmikan, Rusak `Karena Menabrak Sapi` Perdana Menteri India Narendra Modi meresmikan kereta cepat Vande Bharat Express, Jumat (15/2).REUTERS

Aksi.id - Kereta tercepat di India langsung rusak pada perjalanan pertamanya, Sabtu (16/2), tepat sehari setelah diresmikan Perdana Menteri Narendra Modi.

Kereta berkecepatan semi-tinggi buatan India, Vande Bharat Express, kembali ke ibukota Delhi dari kota Varanasi setelah rem kereta itu dilaporkan macet pada perjalanan pertamanya.

Media di India mengutip pernyataan juru bicara pejabat perkeretaapian yang mengatakan bahwa kereta itu kemungkinan telah menabrak seekor sapi di perjalanannya.

Sementara itu, dalam uji coba, kecepatan kereta itu bisa mencapai 180 km/jam.

Segera setelah mengetahui bahwa remnya tak berfungsi, sang masinis menyadari adanya asap di empat gerbong terakhir dan kereta pun kehilangan tenaga listrik di seluruh kompartemennya.

Para penumpang, sebagian besar di antaranya para pejabat dan wartawan, terpaksa menumpang kereta lain untuk kembali ke Delhi.

Meski kementerian perkeretaapian beralasan bahwa kereta tersebut telah menabrak seekor sapi, NDTV melaporkan bahwa tak ada tanda-tanda kerusakan pada bagian depan kereta setelah insiden tersebut.

Kereta cepat tersebut direncanakan mulai beroperasi secara komersial hari Minggu (17/02). Dengan kereta itu, waktu tempuh antara kota Delhi dan Varanasi bisa terpangkas enam jam.

(ny/Sumber BBC)