press enter to search

Minggu, 25/08/2019 20:58 WIB

Kuota Calon Jemaah Haji di Sulbar Bertambah 315

Dahlia | Selasa, 18/06/2019 20:32 WIB
Kuota Calon Jemaah Haji di Sulbar Bertambah 315 Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) melaksanakan manasik haji di Masjid Agung Syuhada, Pekkabata, Sulbar, Selasa (18/06/2019). Foto: Asrianto Suardi/SINDOnews

POLEWALI (aksi.id) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) melaksanakan manasik haji di Masjid Agung Syuhada, Pekkabata, Sulbar, Selasa (18/06/2019).

Manasik haji ini diikuti sedikitnya 628 Calon Jemaah Haji (CJH) yang akan diberangkatkan di tahun 2019 ini.


Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar saat membuka kegiatan ini mengimbau kepada seluruh CJH untuk tetap fokus beribadah selama berada di tanah suci, Mekkah, Arab Saudi.

"Jangan suka selfi-selfi dan kegiatan lainnya yang bisa merusak kegiatan ibadah anda. Supaya ibadahnya lebih khusyuk dan bisa menjadi haji yang mabrur," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Sulbar, Muflih menyampaikan jika persiapan pelaksanaan ibadah hari di Sulsel sejauh ini berjalan lancar. Termasuk soal dokumen dan administrasi CJH.

Selain di Mamasa, manasik haji juga akan digelar di Mamuju, Majene, Mateng dan Pasangkayu.

Melalui manasik haji ini, Muflih berharap kepada para CJH untuk fokus agar memahami tata cara dan rangkaian pelaksanaan ibadah hati nantinya. Mulai dari proses pemberangkatan, masuk asrama hingga tiba di tanah suci dan kembali ke tanah air.

"Biar jemaah calon haji bisa paham dengan budaya-budaya arab di sana, karena budaya kita berbeda," tuturnya.

Dia menambahkan, di tahun 2019 ini, kuota CJH bertambah sebanyak 315. Kuota terbanyak diperoleh Kabupaten Polman, sebanyak 120 kuota.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupate Polman, Muliadi menyebutkan jika manasik haji akan digelar sebanyak 10 kali. Dua diantaranya dilaksanakan pada tingkat kabupaten, pertama pada Selasa (18/06/2019) dan yang kedua pada 4 Juli mendatang. 

Sementara delapan lebihnya akan digelar di tingkat kecamatan.

"Kemudian manasik haji di tingkat kecamatan akan digelar selama delapan hari berturut-turut mulai besok (Rabu). Mengenai jadwalnya, semua itu tergantung dari masing-masing kecamatannya," ucapnya. (Lia/sumber:okezone)