press enter to search

Sabtu, 19/10/2019 21:54 WIB

Suporter `Tanah Sunda` Purwakarta Dukung Persija di GBK

Redaksi | Rabu, 10/07/2019 13:54 WIB
Suporter `Tanah Sunda` Purwakarta Dukung Persija di GBK Persija Jakarta. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Kelompok suporter The Jakmania asal Purwakarta, Jawa Barat, ikut mendukung tim kesayangan mereka Persija Jakarta vs Persib Bandung, laga laga Liga 1 2019, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (10/7) sore.

Rombongan `Tanah Sunda` yang tergabung dalam wadah Budak Oranye Indung Sunda (BOIS) sudah tiba di GBK sejak Rabu pagi.

Lihat juga: Upaya Jakmania dan Viking Hapus Nyanyian `Dibunuh Saja`
"Saya datang bersama 11 teman dari Purwakarta. Berangkat Selasa (9/7) jam 21:00 WIB.

Baru sampai Jakarta jam 03:00 WIB," kata koordinator BOIS Purwakarta, Arvian Andika, di Jakarta, Rabu (10/7).

Bargo, sapaan akrab Arvian, mengangkut 11 rekannya menggunakan mobil pribadi dari Purwakarta menuju Sekretariat The Jakmania di kawasan Kuningan, Jakarta.

Rombongan sempat terjebak kemacetan selama enam jam di jalur Karawang-Bekasi Barat Tol Jakarta-Cikampek.

"Ada 11 orang untungnya masuk semua di dalam mobil. Ada satu yang gantian jongkok di bawah tidak kebagian kursi," kata Bargo.

Kemacetan parah di jalan tol membuat rombongan BOIS mengambil jalur alternatif menuju Jalan KH Noer Alie Kalimalang, Kota Bekasi menuju Jakarta.

Setibanya di Jakarta, mereka sempat istirahat di Kuningan selama enam jam sembari mengambik tiket ekonomi yang dibeli seharga Rp95 ribu per lembar yang sudah dipesan.

Jakmania Purwakarta Ramaikan GBK Jelang Persija vs Persib
Ketua BOIS Purwakarta, Sahrul, mengatakan meski mereka seluruhnya berdarah Sunda, menjadi suporter Persija adalah sebuah pilihan.

"Walaupun Sunda, yang namanya dukungan itu kan sebuah pilihan. Saya suka dengan pemain legenda Persija seperti Bambang Pamungkas atau Shahar Ginanjar yang merupakan putra daerah di Purwakarta," ujar Sahrul.

Terkait tiket, Sahrul menilai harga tersebut masih wajar, terlebih laga kali ini mempertemukan Persija vs Persib.

"Saya beli tiket untuk kategori II dan III tribun atas dan bawah Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Rp95 ribu per tiket. Total 15 tiket yang saya beli untuk anggota," kata Sahrul.

Sahrul menyadari harga tiket tersebut relatif lebih mahal dari harga resmi panitia penyelenggara berkisar Rp65 ribu hingga Rp75 ribu per tiket kategori II. Namun, Sahrul memaklumi perbedaan harga yang menurutnya dibanderol oleh pengurus Sekretariat The Jakmania Kuningan.

Pihak Sekretariat, kata dia, telah menginformasikan lebih awal perihal selisih harga tiket yang akan diperuntukkan bagi dana kas organisasi.

"Lagi pula selisih harga ini bisa untuk mereka yang kemarin sudah bekerja keras mengamankan tiket buat kami," tutur Sahrul.

Kehadiran BOIS semakin menegaskan bahwa Jakmania tak selamanya identik dengan suporter asal Jakarta dan sekitarnya. Di daerah yang lazimnya basis dari Bobotoh seperti Purwakarta rupanya juga masih terdapat pendukung setia Macan Kemayoran.

Laga Persija vs Persib dijadwalkan berlangsung pada Rabu pukul 15:30 WIB di GBK. Duel ini bisa jadi momentum bagi kedua tim untuk bangkit ke papan atas.

Macan Kemayoran saat ini berada di peringkat 14 klasemen sementara Liga 1 2019, sedangkan Maung Bandung di posisi 13. (ds/sumber antara)