press enter to search

Sabtu, 21/09/2019 11:37 WIB

Bidik Wisatawan Rusia, Kemenpar Gelar Festival Wonderful Indonesia 2019

Redaksi | Jum'at, 26/07/2019 04:26 WIB
Bidik Wisatawan Rusia, Kemenpar Gelar Festival Wonderful Indonesia 2019

JAKARTA (aksi.id) – Kementerian Pariwisata bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow akan kembali menggelar Festival Wonderful Indonesia di Rusia. Rencananya, kegiatan berlangsung tanggal 2-4 Agustus mendatang di Krasnaya Presnya Park.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya menjelaskan, Festival Wonderful Indonesia adalah salah satu upaya menjaga eksistensi pariwisata Tanah Air di Pasar Rusia. Kegiatan itu telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dan berlangsung secara continue hingga sekarang. Di samping itu, Kemenpar tetap aktif melakukan promosi dengan stakeholders dalam Tourism Exhibitions dan Sales Mission.

“Festival Wonderful Indonesia tergolong sukses karena selalu memberi dampak positif. Pada penyelenggaraan pertama tahun 2016 di Hermitage Garden, kegiatan ini dikunjungi lebih dari 68.000 orang. Tahun 2017 dikunjungi lebih dari 91.600 orang, dan tahun 2018 dikunjungi lebih dari 135.000 orang,” ungkapnya.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Regional IV (Eropa) Agustini Rahayu mengatakan, Festival Wonderful Indonesia diawali dengan Indonesia-Russia Business Forum. Acara akan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2019, di Ritz Carlton Hotel, Moscow. Yaitu dengan mengundang narasumber dari pelaku pariwisata seperti airlines, wholesaler, tour operator, media, dan asosiasi pariwisata. Baik dari Rusia maupun Indonesia.

“Pada kesempatan itu, Kementerian Pariwisata berencana mengadakan parallel session berupa sesi paparan dan diskusi mengenai pariwisata Indonesia,” ujarnya, Rabu (24/7). 

Acara kemudian dilanjutkan dengan Festival Wonderful Indonesia (FWI) pada tanggal 2-4 Agustus 2019 di Krasnaya Presnya Park. Bentuk partisipasi Kementerian Pariwisata berupa penyedian Paviliun Indonesia seluas 10 x 10 meter di depan main stage. Kemudian Hospitality Corner, berupa coffee/ mixologist corner yang akan menyajikan dan meracik kopi khas dari berbagai daerah di Indonesia.

“Lalu pendistribusian bahan promosi Wonderful Indonesia kepada pengunjung melalui kuis dan information counter, serta photo booth/ Instagramable-Area. Kemenpar juga menghadirkan Tim Wonderful Indonesia yang terdiri dari barista, The Wonderful Indonesia Band, dan penari/ carnival dari Banyuwangi,” bebernya. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Rusia merupakan salah satu pasar utama pariwisata Indonesia. Dari tahun ke tahun, jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia menunjukkan grafik kenaikan yang positif. Pada tahun 2017 jumlah kunjungan wisman Rusia mencapai 110.529, dan pada tahun 2018 mencapai 125.697. 

“Upaya promosi akan terus kita dilakukan secara berkelanjutan. Terlebih, kita punya target kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia sebesar 160.000, sepanjang tahun 2019,” tegasnya.(Alma)