press enter to search

Minggu, 11/04/2021 10:50 WIB

Majid Istiqlal Tetap Pakai Plastik Bila Gubernur Anies Tak Sediakan Besek Daging Kurban

Redaksi | Rabu, 31/07/2019 16:42 WIB
Majid Istiqlal Tetap Pakai Plastik Bila Gubernur Anies Tak Sediakan Besek Daging Kurban Masjid Istiqlal. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Abu Hurarah, Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal mengatakan, pihaknya sudah mendapat imbauan dari Gubernur Anies Baswedan untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai saat pembagian daging kurban pada Hari Raya Idul Adha, 11 Agustus 2019.

"Kemarin kami sudah dapat imbauan melalui WA atau surat dari Gubernur dari Dikmental dan kami sudah sampaikan ke pimpinan kami di Istiqlal," kata Abu, Rabu (31/7/2019).

Namun dia berharap Pemprov DKI bersedia menyediakan besek atau wadah alternatif lain yang ramah lingkungan ke setiap masjid saat pemotongan kurban.

Hurairah menuturkan, jika besek tersebut tidak disediakan maka pengurus Masjid Istiqlal tetap akan menggunakan kantong plastik, namun plastik yang digunakan adalah plastik ramah lingkungan.

"Iya kalau pak Gubernur memberikan, ya kami pasti pakai lah. Enggak (rencana cari sendiri). Kalau kami enggak mikirin sampai ke sana, apalagi untuk bikin sendiri. Kan sudah ada plastik ramah lingkungan. Sudah diakui sama dokter," ujarnya.

Pembagian daging hewan kurban di Istiqlal kata Abu, memang sudah menggunakan wadah yang ramah lingkungan sejak lima tahun teralhir. Penggunanaan wadah ramah lingkungan menurut dia bukan barang baru.

"Yang jelas di Istiqlal sejak empat sampai lima tahun terakhir ini kami sudah memakai plastik yang ramah lingkungan bukan plastik biasa. Plastiknya bening mudah terurai, plastik Joyoboyo. Enggak pakai plastik hitam lagi," tutupnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pemotongan hewan kurban saat Idul Adha tetap ramah lingkungan. Salah satunya adalah mengganti penggunaan plastik untuk membagikan daging kurban dengan besek bambu.

Anies menuturkan, sampah plastik kresek khususnya yang berwarna hitam merupakan bahan yang tidak ramah lingkungan. Ia minta menggunakan besek karena besek merupakan bahan yang bisa didaur ulang. (ds/sumber suara.com)