press enter to search

Selasa, 22/10/2019 01:20 WIB

Mudah dan Sehat, Berjalan Cepat Hindari Penyakit Berbahaya!

Redaksi | Rabu, 14/08/2019 07:48 WIB
Mudah dan Sehat, Berjalan Cepat Hindari Penyakit Berbahaya! Ilustrasi

JAKARTA (aksi.id) - Saat ini, menjaga kesehatan sejak usia muda sudah menjadi salah satu yang mesti di pertimbangkan bagi kalangan generasi muda atau milenial. Kenapa? Karena saat ini banyak kasus penyakit yang terjadi pada usia muda, yang seharusnya biasa terjadi pada usia senja.

Contoh penyakit yang dimaksud adalah stroke dan jantung. Kini, kedua penyakit tersebut sudah tidak lagi mengenal indikator umur ataupun usia.

Untuk itu, apa sih yang harus kita lakukan? Kita sebagai kalangan muda tentunya harus membuat pola hidup kita harus menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan aktivitas olahraga dengan rutin dan teratur.

“Bagaimana gue mau olahraga, gue kan sibuk banget,” celoteh seseorang di suatu kawasan

Kalau memang kondisinya seperti itu, tetap ada solusinya, kok! Salah satunya adalah kamu bisa berolahraga sambil beraktivitas sehari-hari. Caranya?

Salah satu kegiatan yang pasti nggak pernah terlewatkan oleh seseorang adalah berjalan kaki. Nah, terkait hal tersebut, kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga yang berhubungan dengan berjalan kaki, yaitu jalan cepat. Mau tahu apa manfaat dari aktivitas jalan cepat ini? Dirangkum dari berbagai sumber, yuk, simak selengkapnya!

Menurunkan risiko demensia

Manfaat pertama dari jalan cepat adalah menurunkan risiko dari demensia. Demensia adalah penyakit dengan gejala perubahan pada pasien dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain, tau yang sering dikenal dengan istilah “pikun”.

Aktivitas berjalan cepat dapat memperlancar aliran darah ke otak serta bisa menurunkan risiko penyakit pembuluh darah. Sehingga, seseorang yang sering berjalan cepat akan terhindar dari pikun serta bisa menjaga fungsi otak di usia tua

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat berikutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mengontrol tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Rutinitas jalan cepat yang dilakukan oleh seseorang akan membantunya untuk membakar lemak serta kolesterol dalam tubuh sehingga tekanan darah juga bisa lebih mudah untuk dikontrol.

Memperbaiki suasana hati

Karena jalan cepat juga termasuk dari salah satu jenis olahraga, maka manfaat dari jalan cepat juga hampir sama dengan jenis olahraga lainnya. Salah satunya adalah membuat tubuh menjadi segar, rileks, serta membuat suasana hati menjadi semakin baik.

Dengan berolahraga, biasanya seseorang akan merasakan tubuhnya menjadi lebih bugar serta akan menambah kepercayaan diri. Sehingga, kedua hal tersebut dapat memperbaiki suasana yang ada di dalam hati.

Mencegah osteoarthritis

Aktivitas berjalan cepat juga bisa menjadi latihan beban yang bagus bagi tulang dan juga otot. Selain itu, berjalan cepat juga membantu menjaga tulang rawan agar tetap terjaga kondisinya.

Maka dari itu, salah satu manfaat dari berjalan cepat adalah mencegah penyakit terkait penuaan berupa nyeri sendi, bengkak, dan juga kaku, yang sering disebut dengan istilah osteoarthritis.

Mencegah risiko kanker

Manfaat berikutnya dari jalan cepat adalah sebagai pencegahan dari penyakit kanker, yang bisa dikaitkan dengan berkurangnya peradangan, sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, serta memperbaiki metabolisme tubuh yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dari beberapa manfaat tersebut, aktivitas berjalan cepat dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker payudara, usus besar, prostat, dan juga kanker rahim.

Nah, itu tadi adalah beberapa manfaat dari aktivitas berjalan cepat. Selain mudah, berjalan cepat juga bisa kamu lakukan setiap hari selama kamu beraktivitas seperti biasa,.Yuk kita coba.!

(ny/Sumber: Swara.tunaiku.com)