press enter to search

Sabtu, 23/11/2019 05:52 WIB

Kasus Pembunuhan Perempuan Surabaya di Australia Mulai Disidangkan

| Kamis, 22/08/2019 01:05 WIB
Kasus Pembunuhan Perempuan Surabaya di Australia Mulai Disidangkan Novy Chardon hilang dari rumahnya di Gold Coast sejak Februari 2013. (Supplied: Queensland Police Service)

QUEENSLAND (aksi.id) - Seorang saksi di Pengadilan Queensland, Australia, mengaku melihat seseorang yang "identik" dengan Novy Chardon, empat hari setelah perempuan asal Indonesia itu dilaporkan menghilang. Dia digambarkan sebagai wanita Asia yang atraktif.

Mark Lester Clayton menyatakan hal ini hari Senin (19/8) dalam persidangan kasus pembunuhan dengan terdakwa John William Chardon, pria berusia 71 tahun, yang juga berstatus suami Novy.

Persidangan John Chardon telah digelar sejak Kamis pekan lalu (15/8) dan dijadwalkan akan berlangsung selama empat minggu dengan menghadirkan lebih dari 70 orang saksi.

Sidang hari Senin itu mendengarkan keterangan saksi Glenn Liscombe, tetangga keluarga Chardon, serta Mark Clayton, seorang pekerja di pemerintah kota setempat.

Menurut kesaksian Mark Clayton, ia melihat seorang perempuan Asia yang atraktif memakai bikini di pantai Gold Coast sedang minum-minum anggur bersama seorang pria.

Saksi mengaku sesuai dengan yang bisa dia ingat, kejadiannya pada tanggal 10 Februari 2013.

Novy sendiri terakhir kali terlihat pada tanggal 6 Februari 2013 dan menurut penyelidikan polisi, sejak itu Novy tidak pernah diketahui menggunakan kartu bank, menemui dokter, atau meninggalkan Australia.

Dalam persidangan, Mark Clayton menyatakan saat itu dia sedang mencari tempat berteduh di bawah pohon.

"Dia memperkenalkan perempuan itu sebagai Novy," kata Mark Clayton, seperti dilaporkan kantor berita Australian Associated Press.

Saksi mengaku belum pernah mendengar nama itu sebelumnya, namun dia ingat pria tersebut menyebut "Novy" berasal dari Perancis.

Pria tersebut, katanya, juga sempat menyatakan bahwa dia mencintai perempuan itu atau kata-kata semacam itu.

Mark Clayton bersikukuh perempuan itu "sangat identik" dengan Novy Chardon - setelah ia melihat foto Novy yang dimuat di sejumlah berita, tidak sampai dua jam setelah ia meninggalkan pantai Gold Coast.

Kesaksian tetangga

Dalam sidang hari Senin (19/8/2019) tetangga keluarga Chardon, Glenn Liscombe, mengatakan pasangan suami istri itu memang memiliki masalah dalam perkawinan mereka.

"Dia takut dengan nasibnya, katanya kepada saya," kata Liscombe.

"Novy mengatakan bila dia tidak kembali dari perjalanan ke luar negeri maka itu berarti John mungkin telah membunuhnya, atau membuatnya mati dibunuh."

Dalam sidang tersebut, Liscombe mengatakan Novy memintanya untuk melapor ke polisi bila dia tidak kembali ke rumahnya.

Liscombe mengatakan di hari ketika Novy hilang, dia melihat adanya "kegiatan tak lazim" di rumah itu. Di antaranya, John Chardon dan kedua anak perempuannya yang sudah dewasa tampak meninggalkan rumah tersebut terburu-buru.

 

 

Terlihat di SPBU

Pada Maret 2013 Kepolisian Queensland merilis foto rekaman CCTV yang menunjukkan Novy berada di sebuah pompa bensin di daerah Upper Coomera di malam dia dilaporkan menghilang, 6 Februari 2013.

Diketahui juga setelah dari pompa bensin, Novy masih terlihat di rumahnya pada malam hari.

Polisi bersama para relawan ikut mencari barang-barang milik Novy, berupa tas tangan merk Chanel, dompet merk Prada, dompet gantungan kunci merk Louis Vuitton, kunci mobil Volvo, baju dan dua buah koper.

Mobil yang dikendarainya ditemukan lima hari kemudian di dekat stasiun kereta api tak jauh dari rumahnya.

Upaya pencarian terhadap wanita asal Indonesia ini telah dilakukan pihak berwajib.

Pencarian juga pernah dilakukan di pekarangan sebuah rumah di Mount Nathan, pedalaman Gold Coast, di tahun 2014 dan ditemukan mobil bak terbuka warna putih, yang sebelumnya terlihat pernah berada di dekat mobil Novy di stasiun kereta.

Puluhan relawan juga pernah melakukan pencarian jasad Novy di sebuah properti seluas 3,6 hektar di kawasan Advancetown, pedalaman Gold Coast.

Terdakwa John Cardon mengaku tidak bersalah atas tuduhan pembunuhan terhadap Novy.

Keduanya dilaporkan pernah selingkuh

Pasangan ini diketahui sedang dalam proses perceraian ketika Novy menghilang.

Pada saat itu Novy berusia 34 tahun dan sejumlah saksi menjelaskan adanya masalah dalam rumah tangga pasangan ini.

Dalam persidangan pekan lalu juga terungkap adanya tuduhan bahwa kedua pihak, yaitu Novy dan John Cardon, sama-sama melakukan perselingkuhan.

Novy berasal dari Surabaya dan bertemu dengan John sekitar tahun 2000 dan mereka langsung menikah sebulan kemudian.

Perkawinan itu diketahui mulai retak pada tahun 2009, dan mereka hidup terpisah tahun 2012, namun memilih tetap tinggal serumah bersama dua anak kecil mereka.

Dua bulan sebelum menghilang, Novy pernah memberitahu ibu dan saudaranya bahwa dia saat itu ketakutan.

"Dia merasa sangat takut dan dia menangis," kata Estralita Aler, ibu Novy, seperti dikutip kantor AAP.

 

ABC/AAP

Keyword Pembunuhan