press enter to search

Senin, 18/11/2019 08:21 WIB

Amien Rais: Tulus Saya Minta ke Pak Jokowi, Tunda Dulu Pindah Ibu Kota dan Dahulukan Atasi Persoalan Papua

Redaksi | Sabtu, 24/08/2019 08:11 WIB
Amien Rais: Tulus Saya Minta ke Pak Jokowi, Tunda Dulu Pindah Ibu Kota dan Dahulukan Atasi Persoalan Papua Amien Rais. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebut Presiden Joko Widodo tengah ribut sendiri ingin pindah ibu kota. Padahal kata Amien, lokasi persis pemindahan ibu kota ini pun belum jelas.

Padahal, menurut Amien, persoalan pindah ibu kota ini masih bisa ditunda. "Ini masih bisa ditunda untuk sementara waktu ya," kata Amien di acara HUT ke-21 PAN yang digelar di Kolong Tol Pejagalan, Jakarta Utara, Jumat (23/8).

Amien menyebut, nyatanya juga banyak opsi yang masih muncul terkait dengan wacana pemindahan ibu kota. Amien menyebut spekulasi masih terus liar, mulai dari bakal ibu kota di Kalimantan Tengah, dan mungkin di Kalimantan Timur. Amien menyebut, dia juga mendengar Sulawesi jadi salah satu pilihan ibu kota baru.

"Jadi saya heran kalau Pak Jokowi sepertinya ribut sendiri mau mindah ibu kota ke tempat yang belum jelas," kata Amien.

Amien menilai ada persoalan lain yang lebih mendesak ketimbang mengurus kepindahan ibu kota yang juga belum jelas kepastian.

"Ini masukan saya secara tulus buat Pak Jokowi. Saya minta tunda dulu pemindahan ibu kota. Tunda dulu. Ada yang lebih mendesak yaitu persoalan di Papua," kata Amien.

Menurutnya persoalan di Papua ini mesti didahulukan daripada ribut-ribut mengurusi pemindahan ibu kota. Persoalan gejolak di Papua dan Papua Barat, kata Amien, tak boleh diremehkan.

"Fenomena yang amat sangat memprihatinkan ini harus diunggulkan, didahulukan untuk diselesaikan Pak Jokowi dan teman-teman yang berkuasa," kata dia. (ds/sumber CNN)