press enter to search

Minggu, 13/07/2025 13:54 WIB

Mantap, 5 Bandara Angkasa Pura II Sukses Layani Jamaah Haji

Dahlia | Jum'at, 20/09/2019 13:24 WIB
Mantap, 5 Bandara Angkasa Pura II Sukses Layani Jamaah Haji Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Mantap, limq bandara kelolaan PT Angkasa Pura II sukses melayani kepulangan jemaah haji pada masa Angkutan Haji 2019.

Menurut VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano, periode kepulangan haji di bandara Angkasa Pura II berlangsung mulai 17 Agustus 2019 hingga 15 September 2019.

“Kesuksesan penyelenggaraan Angkutan Haji 2019 di lingkungan Angkasa Pura II tidak lepas dari dukungan seluruh pihak terkait,” ujar Yado di Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Komit yang kuat dari stakeholder membuat penyelenggaraan Angkutan Haji 2019 berjalan sukses dan lancar tanpa kendala berarti.

“Atas kesuksesan ini, kami berterimakasih kepada maskapai khususnya Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines yang melayani penerbangan haji, lalu ground handling, serta pemerintah dan pihak lainnya,” ujarnya.

Kedatangan jamaah haji di bandara Angkasa Pura II paling banyak melalui Soekarno-Hatta yang melayani 162 kloter dengan 64.809 jamaah haji.

Sementara kepulangan jamaah haji melalui Bandara Kualanamu sebanyak 8.502 jemaah haji (22 kloter), lalu Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang 8.493 jamaah haji (19 kloter), Minangkabau Padang 6.985 jamaah haji (18 kloter), dan Sultan Iskandar Muda Aceh 4.648 jamaah haji (12 kloter).

Total, lima bandara Angkasa Pura II melayani kedatangan 93.437 jemaah haji di Tanah Air dengan 233 kloter.

Kesuksesan penyelanggaraan haji pada tahun ini tidak lepas dari inovasi yang diterapkan Angkasa Pura II khususnya pada periode keberangkatan 7 Juli 2019 – 6 Agustus 2019 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di Soekarno-Hatta, Angkasa Pura II dan pemerintah Arab Saudi menyediakan fasilitas seperti lounge khusus untuk mempermudah dan mempercepat proses keberangkatan calon haji.

Fasilitas lounge yang terletak di Terminal 2D itu berkapasitas 1.500 orang dan dilengkapi dengan 15 loket imigrasi serta pre clearance system untuk percepatan layanan keimigrasian Arab Saudi.

“Setiap tahunnya Angkasa Pura II selalu berupaya meningkatkan standar pelayanan bagi para calon jemaah haji, baik pada periode keberangkatan mau pun saat kepulangan jemaah haji di Tanah Air,” ujar Yado. (omy)