press enter to search

Jum'at, 15/11/2019 06:27 WIB

Manfaat Permainan Sortir Bentuk untuk Balita

Dahlia | Rabu, 30/10/2019 19:37 WIB
Manfaat Permainan Sortir Bentuk untuk Balita Foto: istimewa
Bekasi (aksi.id) - Selain bisa membuat balita senang, membelikannya mainan ternyata juga bermanfaat untuk stimulasi tumbuh kembang si kecil. Meski begitu, Anda harus harus benar-benar memilih mainan yang tepat agar kegiatan bermain anak bisa efektif.
 
 
Misalnya saja memberikan balita permainan sortir bentuk, Moms. Permainan ini mengharuskan balita memasukan puzzle cubes aneka bentuk ke dalam wadah yang memiliki lubang serupa.
 
 
Meski sekilas terlihat mudah, tapi nyatanya permainan ini punya beragam manfaat, seperti:
 
 
Permainan sortir bentuk Foto : Shutter Stock
1. Mengasah Motorik Balita
 
 
Permainan sortir bentuk bisa mengasah kemampuan motorik balita. Ya Moms, ketika sedang bermain, balita akan mengambil puzzle cube lalu membolak-balikannya kemudian mencoba memasukkan ke dalam wadah sampai berhasil masuk.
 
 
Kegiatan inilah yang dapat mengembangkan keterampilannya karena si kecil akan menggerakkan otot-otot kecil di kaki dan tangannya yang baik untuk melatih keterampilan motoriknya.
 
 
2. Melatih Balita untuk Menyelesaikan Masalah
 
 
Bermain sortir bentuk juga dapat melatih balita untuk belajar menyelesaikan masalah, Moms. Misalnya saja, saat balita ingin memasukan puzzle cubes berbentuk kubus ke dalam wadah tapi tidak berhasil kemudian ia akan mencobanya lagi atau menggantinya dengan puzzle cubes lain.
 
 
 
Si kecil akan terus mencoba sampai semua puzzle cubes masuk ke dalam wadah. Melalui percobaan ini balita akan belajar bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah atau terus mencoba sampai dirinya berhasil.
 
 
balita bermain permainan sortir Foto : Shutterstock
3. Belajar Bentuk, Warna, dan Perbedaan Setiap Bentuk
 
 
Dengan bermain sortir bentuk, baita akan bermain sambil belajar bentuk dan perbedaannya serta aneka warna. Jadi, ketika sedang bermain, Anda bisa sambil mengajarkan si kecil bentuk-bentuk puzzle cubes, seperti: persegi, persegi panjang, kotak atau bintang.
 
Tak hanya itu, umumnya permainan sortir bentuk juga memiliki warna cerah, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mengajarkan aneka warna pada balita. Jangan lupa juga untuk ajarkan si kecil berhitung misalnya dengan menghitung jumlah puzzle cubes yang ada.
 
 
Moms, permainan sortir bentuk sendiri banyak dijual di pasaran, ada yang terbuat dari plastik atau kayu. Harganya pun beraneka ragam, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan budget Anda saja.(lia/sumber:kumparan)