press enter to search

Senin, 09/12/2019 06:48 WIB

6 Manfaat Minyak Alpukat bagi Kesehatan

Dahlia | Jum'at, 15/11/2019 21:42 WIB
6 Manfaat Minyak Alpukat bagi Kesehatan Foto: istimewa
Bekasi (aksi.id) - Minyak alpukat memiliki kandungan yang padat nutrisi. Selain itu, ia juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal.
 
 
Kandungan antioksidan dan vitamin E di dalamnya tidak hanya membuat minyak alpukat baik untuk dikonsumsi saja. Ia juga bisa menjadi obat penyakit kulit.
 
 
Berikut enam manfaat minyak alpukat bagi kesehatan yang kumparan rangkum dari Medical Daily.
 
 
Kesehatan Jantung
 
 
Minyak alpukat mengganti asupan karbohidrat dengan lemak tak jenuhnya yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar lipid (zat lemak yang tak larut dalam air), serta memperkecil risiko penyakit kardiovaskular. Dengan tekanan darah yang terjaga, organ jantung pun tetap berfungsi dengan baik.
 
 
Menyerap Nutrisi dengan Baik
 
 
Menambah minyak alpukat di makanan salad dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti karoten. Karotenoid seperti lutein, beta-karoten, dan alpha-karoten membantu mengurangi gejala penyakit mata dan beberapa jenis kanker.
 
 
Tinggi Kandungan Kolesterol Baik
 
 
Ekstrak alpukat juga mengandung asam oleat tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik berjuluk HDL (high-density lipoprotein). Ia juga mengurangi kadar kolesterol jahat yang disebut LDL (low-densty lipoprotein).
 
 
Minyak alpukat
Kesehatan Tulang
 
 
Tulang juga mendapat manfaat dari minyak alpukat. Penyakit-penyakit yang menyerang persendian hingga timbul nyeri dan bengkak, seperti rheumatoid arthritis atau osteoarthritis, bisa reda dengan konsumsi minyak alpukat.
 
 
Obat Penyakit Kulit
 
 
Bagi penderita psoriasis yang telah lama menggunakan obat-obatan topikal (obat oles), bisa menjadikan minyak alpukat sebagai alternatif untuk penyakitnya. Berdasarkan laporan riset yang dikutip Medical Daily, krim vitamin B12 dengan kandungan ekstrak alpukat telah menyembuhkan pasien psoriasis secara signifikan hanya dalam 3 bulan.
 
 
Selain untuk konsumsi dan pengganti obat luar seperti penjelasan di atas, minyak alpukat juga bisa menjadi alternatif untuk minyak goreng yang lebih sehat dari minyak sawit. (Lia/sumber:kumparan)