press enter to search

Senin, 09/12/2019 06:20 WIB

Cara Jitu Siasati Anak yang Susah Makan

Dahlia | Kamis, 21/11/2019 19:18 WIB
Cara Jitu Siasati Anak yang Susah Makan Foto: ilustrasi
Bekasi (aksi.id) - Setiap anak membutuhkan kalori yang berbeda-beda, tergantung dengan usia, jenis kelamin, serta kondisi kesehatannya. Yang terpenting, kekurangan nutrisi hanya karena nafsu makan sedang berkurang.
 
 
Menurut angka kecukupan gizi (AKG) yang dianjurkan Kementerian Kesehatan, anak usia 1-6 tahun membutuhkan sekitar 1.100-1.600 kalori per harinya.
 
 
"Banyak anak yang mengalami susah makan di usia 1 hingga 6 tahun. Jika anak susah makan, orang tua jangan keburu panik dulu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak," jelas Unjiati S.KM., M.Kes, RD, Ketua Asosiasi Dietisien Indonesia (AsDI) DPD Jawa Timur, kepada Basra, Selasa (19/11).
 
 
Perempuan yang karib disapa Uun ini lantas memberikan kiat untuk meningkatkan nafsu makan anak
 
 
1. Jangan dipaksa
 
 
Memaksa anak makan tak akan membuat nafsu makannya bertambah, justru sebaliknya. Anak akan semakin menghindar dan malas untuk makan.
 
 
2. Menu makanan yang bervariasi
 
 
Anak bisa saja merasa bosan, apalagi jika selalu menjumpai menu yang sama. Sebaiknya ada menu makanan yang bervariasi untuk anak. Semakin bervariasi bahan makanan yang digunakan, maka semakin bernutrisi makanan anak.
 
 
3. Jadwal makan yang rutin
 
Menerapkan jadwal makan yang rutin pada anak. Dengan begitu, anak sudah terbiasa untuk makan pada waktu yang sama dan rutin. Membuat adwal makan yang rutin juga akan berdampak baik untuk pola makannya ketika beranjak dewasa.
 
 
4. Camilan sehat nan lezat
 
Anak makan terlalu sedikit? Ini bisa diakali dengan berbagai camilan sehat nan lezat. Lebih baik jika camilan ini dibuat sendiri di rumah. Misalnya puding buah atau es yang berbahan dasar buah.
 
 
5. Jangan minum terlalu banyak ketika makan
 
Biasanya, anak suka minum terlalu banyak ketika makan. Hal ini hanya akan membuat anak cepat kembung dan akhirnya menolak untuk menghabiskan makanannya. Jadi jangan minum terlalu banyak saat makan.
 
 
Minum saat makan bisa diatur, misalnya satu gelas saja untuk satu kali makan. Setelah selesai makan, baru minum lagi. Jangan minum yang memiliki rasa manis, karena akan membuat semakin kembung.
 
 
6. Menyiapkan menu makanan bersama ibu
 
 
Ibu bisa mengajak anak untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya. Misalnya menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekadar menghias makanan. Ini akan membuat anak lebih tertarik untuk makan jika ikut serta dalam menyiapkan makanannya tersebut.
 
 
7. Makanan yang penuh dengan nutrisi
 
 
Satu hal yang harus dipastikan adalah makanan yang dikonsumsi anak penuh dengan nutrisi. Vitamin dan mineral dalam makanan juga bisa membuat nafsu makan anak meningkat. Misalnya mineral zinc yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat membantu atasi masalah anak susah makan. Beberapa contoh makanan yang mengandung zink adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan berbagai sayur berdaun hijau tua. (Lia/sumber:kumparan)