press enter to search

Jum'at, 23/10/2020 04:08 WIB

Irjen Pol Condro Kirono Dampingi Ahok Sebagai Komisaris Pertamina

Redaksi | Senin, 25/11/2019 14:06 WIB
Irjen Pol Condro Kirono Dampingi Ahok Sebagai Komisaris Pertamina Irjen Pol Condo Kirono. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Pemerintah melalui Kementerian dan Pejabat Tinggi Polri Condro Kirono sebagai Komisaris. Dua orang ini ternyata bakal membereskan masalah internal Pertamina di bidang penegakan hukum.

"Intinya adalah kalaupun ada Komsaris baru yang lain itu lebih kepada kita tahu Pertamina perlu ada penegakan-penegakan hukum. Dan itu diperkuat. Pak Ahok dan Pak Condro juga bagian dari itu. Pak Condro itu kemampuan beliau arahnya ke sana," papar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Senin (25/11/2019).

Menurut Arya, nantinya para Komisaris ini akan melakukan pengawasan secara khusus setiap harinya. Irjen Pol Condro Kirono, mantan Kapolda Jawa Tengah diangkat sebagai Komisaris mendampingi Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina.  

"Seperti kata Pak Erick Thohir [Menteri BUMN], Pak Ahok akan menjadi Ketua Kelasnya Komisaris, melakukan pengawasan," terang Arya.

Lebih jauh, Arya mengatakan, juga pemilihan Condro Kirono sebagai Komisaris memang ingin mengarahkan Pertamina menjadi lebih bersih. Termasuk membereskan fraud jika pun ada.

"Kita tahu teman-teman di Kepolisian ada kemampuan pengawasan sangat baik, dan tahu bagaimana membuat planning Pertamina ke depan lebih bersih."

"Semua yang fraud di Pertamina kita harapkan komisaris bisa melakukan pengawasan dan berikan solusi, dan perbaiki sistem," tegas Arya lebih jauh.

Datangi Kantor Baru

Usai dilantik di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok langsung menyambangi kantor barunya di gedung PT Pertamina (Persero).

Ahok langsung datang ke Gedung Perwira, Pertamina. Saat dijumpai di sana, Ahok mengaku belum langsung bekerja. Ia mengatakan hanya akan bertemu dengan Tanri Abeng, mantan komisaris utama Pertamina.

"Saya diajak Pak Tanri Abeng, kebetulan kita masih ada hubungan keluarga. Saya sama Tanri Abeng sama-sama di DPR, kita hubungan baik ya. Beliau mengajarkan saya lah, kan dia guru hebat," ujar Ahok, Senin (25/11/2019).

Menurutnya, Tanri Abeng juga akan menyerahkan sejumlah berkas terkait Pertamina untuk dipelajari. Namun untuk seromonial serah terima baru akan dilakukan pada pekan depan. Soal kapan mulai bekerja, ia mengatakan belum hari ini dan masih menunggu kabar dari sekretariat. "Belum, ya mungkin tanya sama sekretariat deh ya," jelasnya.

RUPSLB Pertamina

Seperti diketahui, berdasar RUPSLB yang digelar hari ini, berikut adalah jajaran komisaris baru PT Pertamina (Persero):

Basuki Tjahaja Purnama menjadi Komisaris Utama, menggantikan Tanri Abeng
Budi Gunadi Sadikin menjadi Wakil Komisaris Utama, menggantikan Arcandra Tahar
Komjen Pol Condro Kirono menjadi komisaris, menggantikan Gatot Trihargo

Selebihnya, jabatan komisaris lainnya masih diisi oleh pejabat yang sama yakni Suahasil Nazara, Ego Syahrial, dan Alexander Lay.

Selain 3 komisaris tersebut, Pertamina juga memiliki satu direksi baru yakni Emma Sri Martini sebagai Direktur Keuangan menggantikan Pahala Mansury.

"Jadi keputusan ini berlaku sejak ditetapkan tanggal 22 November 2019," jelas VP Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Para pejabat baru ini mulai bertugas berdasarkan SK 282/MBU/11/2019 untuk komisaris, sementara untuk direksi SK/283/MBU/11/2019. (ds/sumber CNBC)