press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 21:04 WIB

SMMILE Center Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Pusatnya Pengembangan UMKM

Dahlia | Kamis, 28/11/2019 22:12 WIB
SMMILE Center Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Pusatnya Pengembangan UMKM Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Gebrakan baru kembali digelontorkan PT Angkasa Pura II (Persero) yanh mendirikan kawasan pengembangan Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta “SMMILE Center”.

SMMILE Center merupakan kependekan dari Small, Micro & Medium Business Incubator with Learning and Experience Center.

Melalui kawasan tersebut, PT Angkasa Pura II berharap pihaknya dapat berkontribusi dalam memperkuat posisi UMKM sebagai salah satu ujung tombak perekonomian nasional.

“SMMILE Center merupakan pusat inkubasi UMKM (Small, Micro & Medium Enterprise/SME Experience Center), lalu pusat pelatihan UMKM (SME Training Center) dan pusat pembiayaan UMKM (SME Financial Center),” jelas President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Secara holistik, SMMILE Center membantu UMKM untuk berkembang secara berkelanjutan.

Selama ini diketahui paling tidak ada tiga persoalan bagi para pelaku UMKM di Indonesia dalam hal akses ke pasar, akses ke sumber sumber permodalan, dan akses untuk pengembangan kompetensi usaha.

“Di SMMILE Center, pengembangan UMKM dilakukan mulai dari inkubasi, pelatihan hingga pembiayaan. Terpenting adalah adanya keberlanjutan dalam program pengembangan sampai UMKM memiliki suatu nilai tambah dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” ungkapnya.

Keberadaan SMMILE Center juga sangat strategis yakni di Terminal 3 Soekarno-Hatta yang merupakan terminal termegah dan terbesar di Indonesia dengan kapasitas 25 juta penumpang pesawat per tahun baik itu rute internasional dan domestik.

“Ini bisa menjadikan SMMILE Center sebagai etalase pusat produk dan jasa UMKM nasional,” ujar dia.

Dalam waktu dekat, SMMILE Center akan menggelar workshop pada 18 Desember 2019 bagi para pelaku UMKM di bidang UMKM berbasis digital dengan menggandeng Unionspace dan mitra strategis mereka.

Unionspace merupakan perusahaan multinasional yang menyediakan coworking space di berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan yang akan datang Singapura serta China.

“Salah satu lokasi coworking space Unionspace juga terdapat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” imbuh Awaluddin.

Bahkan, Angkasa Pura II saat ini tengah menajaki kemungkinan bekerjasama dengan BNI Syariah sebagai penyalur pembiayaan untuk UMKM.

“Kami meyakini SMMILE Center akan optimal dalam mendukung pengembangan UMKM. Kami juga menjajaki kemungkinan untuk memperkenalkan produk UMKM di SMMILE Center ini melalui marketplace yang sudah ternama sebagai bagian dari program perluasan akses pasar dan program penjualan offline to online atau O2O bagi para pelaku UMKM,” ucapnya.

SMMILE Center berdiri di atas lahan seluas 8.000 meter persegi dilengkapi dengan area hall untuk pertemuan, workshop, training dan sebagainya, serta 40 tenant modular yang dapat digunakan pelaku bisnis memasarkan produk dan jasa. (omy)