press enter to search

Senin, 16/12/2019 10:14 WIB

Ditjen Hubdat Siapkan Konsep Pengaturan dan Pelabelan Angkutan Jalan di Bali

Dahlia | Kamis, 28/11/2019 22:38 WIB
Ditjen Hubdat Siapkan Konsep Pengaturan dan Pelabelan Angkutan Jalan di Bali Foto: istimewa

BALI (aksi.id) – Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan siapkan konsep pengaturan dan pelabelan angkutan jalan di Bali untuk keperluan Pariwisata.

Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani menyampaikan, konsep tersebut dilaksanakan dengan mengembangkan aplikasi user friendly Spionam 2.0.

“Sedangkan terkait pengujian digabungkan dengan e-blue dimana registrasi kendaraan digabungkan dengan kepolisian,” ujar Yani di Bali, Kamis (28/11/2019).

Rencananya peluncuran Spionam 2.0 pada Desember 2019. Selanjutnya Kartu pengawasan juga nantinya bukan lagi dalam bentuk kertas, namun dalam bentuk Smart Card Tuv.

Pihaknya juga melakukan lebeling angkutan pariwisata dan konsep yang ditawarkan telah dilakukan Markplus yanv telah bekerjasama dengan Ditjen Perhubungan Darat.

“Ada rating setiap perusahaan angkutan jalan dan husus untuk angkutan pariwisata belum terealisasikan,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyerahkan labeling kepada daerah dan akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Biro Hukum terkait dengan ketentuan hukumnya.

“Jika ini berdampak pada penambahan biaya maka harus dikoordinasikan terlebih dahulu oleh Organda,” ujar Yani.

Selanjutnya Rapat ke 2 akan dilaksanakan di pusat dan akan mengundang juga Biro Hukum untuk memeroleh informasi terkait wacana tersebut. (omy)